Rapor Transfer Musim Dingin EPL

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Rapor Transfer Musim Dingin EPL

Arsenal

Agenda utama Arsène Wenger di jendela transfer musim dingin ini adalah untuk mempertahankan Alexis Sánchez, dan ia berhasil melakukannya (sejauh ini, karena, kembali saya mengingatkan, Tiongkok belum deadline). Ia juga merasa seperti mendapatkan pemain baru dengan kembali sembuhnya Danny Welbeck dan Per Mertesacker. Selamat ya, Arsène. Memang sepertinya Wenger lebih takut kepada meja perawatan cedera alih-alih tawaran uang yang menggoda pemain-pemain kuncinya dari kesebelasan lain.

Pemain masuk: Cohen Bramall (Hednesford Town, £40,000)

Pemain keluar: Dan Crowley (Go Ahead Eagles, pinjaman); Chuba Akpom (Brighton & Hove Albion, pinjaman); Jon Toral (Rangers, pinjaman); Gedion Zelalem (VVV-Venlo, pinjaman); Kaylen Hinds (Stevenage, pinjaman); Stephy Mavididi (Charlton, pinjaman); Marc Bola (Notts County, pinjaman); Matt Macey (Luton, pinjaman); Krystian Bielik (Birmingham City, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: C

AFC Bournemouth

Sama seperti Wenger, Eddie Howe juga memiliki misi yang jelas-jelas ia tunjukkan di jendela transfer musim dingin ini, yaitu mempertahankan Callum Wilson. Wilson bertahan di Bournemouth (meskipun akhirnya setelah deadline day ia menderita cedera lutut dan harus absen sampai akhir musim; sedihnya), tapi tidak dengan Aké yang diminta pulang oleh Chelsea. Howe sempat meminta kembali Aké dan juga Asmir Begovic kepada Chelsea, tapi Chelsea menolaknya. Niat Howe mempermanenkan Aké menunjukkan kepada kita bahwa The Cherries membutuhkan sosok bek tengah baru. Namun Howe tidak berhasil mendapatkannya, dan Howe-pun kecewa.

Pemain masuk: Aaron Ramsdale (Sheffield United, £1m)

Pemain keluar: Glenn Murray (Brighton & Hove Albion, £3m); Nathan Aké (Chelsea, kembali dari pinjaman); Emerson Hyndman (Rangers, pinjaman); Callum Buckley (Aldershot Town, pinjaman); Brandon Goodship (dilepas); Jordan Lee (Torquay, pinjaman); Shaun Hobson (Eastbourne Borough, pinjaman); Lewis Grabban (Reading, pinjaman); Jordan Green (Leyton Orient, pinjaman); Joe Quigley (Gillingham, pinjaman); Harry Cornick (Gillingham, pinjaman); Marc Wilson (West Brom, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: C-

Burnley

Kembalinya Joey Barton ke Burnley adalah sebuah kemajuan. Pemain bengal tersebut sebelumnya sudah berhasil membuktikan diri di Burnley saat mereka masih berlaga di Championship. Kedatangan Robbie Brady dan Ashley Westwood juga bisa memperkuat kesebelasan asuhan Sean Dyche tersebut. Tidak jadi pindahnya bek tengah mereka, Michael Keane, juga merupakan keuntungan lainnya bagi Burnley di jendela transfer kali ini. Satu hal yang diharapkan Dyche adalah Barton yang semoga tidak banyak merepotkan komite disiplin FA ke depannya akibat kenakalan-kenakalannya.

Pemain masuk: Robbie Brady (Norwich City, £13m); Ashley Westwood (Aston Villa, £5m); Joey Barton (tanpa kesebelasan, gratis)

Pemain keluar: Danny Lafferty (Sheffield United, £50,000); Patrick Bamford (Chelsea, kembali dari pinjaman); Chris Long (Bolton Wanderers, pinjaman); Josh Ginnelly (Lincoln City, pinjaman); Alex Whitmore (Morecambe, pinjaman); George Green (Salford City, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: B

Chelsea

Di musim dingin kali ini, Antonio Conte lebih banyak kehilangan pemain daripada kedatangan pemain. Hanya Aké dan Charles Musonda yang berhasil didatangkan, itupun dengan status pengembalian pinjaman. Conte sempat mengincar dua pemain Celtic, yaitu Moussa Dembélé dan Craig Gordon. Tidak berhasilnya mereka mendapatkan Gordon membuat Begovic pun bertahan. Untuk sisa musim ini, Chelsea sepertinya tidak membutuhkan kedalaman skuat. Tapi kehilangan Mikel John Obi dan Branislav Ivanovic secara gratis, serta gagalnya mereka mendapatkan bek sayap (gosipnya adalah Sead Kolasinac), membuat bisnis Chelsea di musim dingin kali ini agak mengecewakan. Juara ataupun tidak, mereka kemungkinan besar akan melakukan belanja besar-besaran di musim panas nanti.

Pemain masuk: Nathan Aké (Bournemouth, kembali dari pinjaman); Charles Musonda (Real Betis, kembali dari pinjaman)

Pemain keluar: Oscar (Shanghai SIPG, £58m); Patrick Bamford (Middlesbrough, £6m); Mikel John Obi (Tianjin Teda, gratis); Dion Conroy (Swindon Town, undisclosed); Jay Dasilva (Charlton Athletic, pinjaman); Marco van Ginkel (PSV Eindhoven, pinjaman); Isaiah Brown (Huddersfield Town, pinjaman); Fankaty Dabo (Swindon Town, pinjaman); Charlie Colkett (Swindon Town, pinjaman); Islam Feruz (Swindon Town, pinjaman); Fikayo Tomori (Brighton & Hove Albion, pinjaman); Mukhtar Ali (Vitesse Arnhem, pinjaman); Branislav Ivanovic (Zenit St Petersburg, gratis)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: C+

Crystal Palace

Sam Allardyce mengatakan jika jendela transfer musim dingin adalah saat yang krusial untuk membuat Crystal Palace bertahan di Liga Primer. Ia menghabiskan “saat yang krusial”-nya tersebut dengan mendatangkan empat pemain dengan harga yang cenderung tinggi, dua di antaranya adalah pemain yang akan menguatkan sayap kiri mereka, yaitu Patrick van Aanholt dan Jeffrey Schlupp. Namun jangan salah, keduanya sepertinya adalah bek sayap kiri, padahal Van Aanholt dan Schlupp lebih sibuk menyerang daripada bertahan. Jadi patut ditunggu bagaimana hasilnya.

Pemain masuk: Luka Milivojevic (Olympiakos, £11m); Patrick van Aanholt (Sunderland, £10.2m); Jeffrey Schlupp (Leicester City, £9m); Mamadou Sakho (Liverpool, pinjaman); Sullay Kaikai (Brentford, kembali dari pinjaman)

Pemain keluar: Freddie Ladapo (Shrewsbury Town, pinjaman); Keshi Anderson (Northampton Town, pinjaman); Hiram Boateng (Northampton Town, pinjaman); Jordon Mutch (Reading, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: B-

Everton

Dari tiga pemain yang didatangkan oleh Ronald Koeman, kita bisa melihat dua nama penting yang ia datangkan, yaitu Ademola Lookman dan Morgan Schneiderlin. Koeman mendatangkan dua pemain tersebut dengan harga yang tidak murah. Ia juga berhasil menyingkirkan beberapa nama pemain yang tidak terpakai seperti Bryan Oviedo, Darron Gibson, Thomas Cleverley, dan Oumar Niasse. Manajer asal Belanda tersebut sempat menyatakan jika ia masih menginginkan sosok bek tengah dan penyerang. Tapi sampai deadline day, tidak ada pemain lagi yang didatangkan. Kecewa? Tidak juga. Untuk ukuran transfer musim dingin, Koeman sejujurnya bisa tersenyum lebar.

Pemain masuk: Ademola Lookman (Charlton Athletic, £10m); Morgan Schneiderlin (Manchester United, £20m); Anton Donkor (Wolfsburg, pinjaman)

Pemain keluar: Bryan Oviedo (Sunderland, £5m); Darron Gibson (Sunderland, £2.5m); Nathan Holland (West Ham, undisclosed); Thomas Cleverley (Watford, pinjaman); Oumar Niasse (Hull City, pinjaman); Gethin Jones (Barnsley, pinjaman); Antony Evans (Morecambe, pinjaman); Gerard Deulofeu (Milan, pinjaman); Russell Griffiths (Motherwell, pinjaman); Tyias Browning (Preston North End, pinjaman); Delial Brewster (Southport, pinjaman); Conor Grant (Doncaster, pinjaman); Callum Connolly (Wigan, pinjaman); Conor McAleny (Oxford, pinjaman); Calum Dyson (Grimsby, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: A

Hull City

Salah satu hal yang disesali seluruh pendukung Hull City adalah kepergian Robert Snodgrass ke West Ham United. Mantan pemain Leeds United ini sudah menjadi pemain kunci bagi The Tigers. Tapi Marco Silva tidak tinggal diam. Meskipun juga harus kehilangan Jake Livermore, ia berhasil mendatangkan pemain-pemain murah dan pemain-pemain pinjaman yang menjanjikan serta sesuai kebutuhan. Patut ditunggu delapan pemain yang ia datangkan tersebut bisa atau tidak menyelamatkan Hull dari degradasi di akhir musim.

Pemain masuk: Kamil Grosicki (Rennes, £7m); Markus Henriksen (AZ Alkmaar, £4.5m); Evandro (Porto, £1.1m); Oumar Niasse (Everton, pinjaman); Omar Elabdellaoui (Olympiakos, pinjaman); Lazar Markovic (Liverpool, pinjaman); Andrea Ranocchia (Internazionale, pinjaman); Alfred N’Diaye (Villarreal, pinjaman)

Pemain keluar: Robert Snodgrass (West Ham, £10.2m); Jake Livermore (West Brom, £10m); Harvey Rodgers (Accrington Stanley, pinjaman); Jonathan Edwards (Accrington Stanley, pinjaman); Allan McGregor (Cardiff City, pinjaman); Johan Ter Horst (York City, pinjaman); Alex Bruce (Wigan, pinjaman); James Weir (Wigan, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: A

Leicester City

Sebelum jendela transfer dibuka, Claudio Ranieri sudah bergerak cepat dengan mendapatkan tanda tangan Wilfred Ndidi. Kedatangan Ndidi dinilai akan membuat Leicester City bisa move on dari N’Golo Kante. Kita memang masih menunggu hasilnya. Tapi kita seolah dibuat kecewa dengan sisa jendela transfer Leicester di musim dingin. Meskipun sempat ditinggal tiga pemain ke Piala Afrika CAF, mereka tidak berhasil menambal kebutuhan mereka, misalnya pada posisi bek tengah, mereka baru meminjam Molla Wagué dari Udinese di hari tenggat waktu. Leonardo Ulloa yang kini ngambek juga tidak berhasil mereka jual.

Pemain masuk: Wilfred Ndidi (KRC Genk, £15m); Molla Wagué (Udinese, pinjaman)

Pemain keluar: Jeffrey Schlupp (Crystal Palace, £9m); Luis Hernández (Málaga, £1.6m); Harvey Barnes (MK Dons, pinjaman); Matty James (Barnsley, pinjaman); Callum Elder (Barnsley, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: C-

Liverpool

Komentar