Rapor Transfer Musim Dingin EPL

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Rapor Transfer Musim Dingin EPL

Ada uang sebanyak 253,85 juta euro (3,665 triliun rupiah) yang dikeluarkan oleh seluruh kesebelasan di Liga Primer Inggris selama jendela transfer musim dingin 2017 ini. Jumlah di atas seolah menjadi angka yang sangat berlebihan.

Pernyataan tersebut didukung oleh rekap Transfermarkt yang menempatkan Liga Primer sebagai liga terboros selama musim dingin di atas, berturut-turut, Liga Super Tiongkok (218,79 juta euro), Ligue 1 Prancis (152,80 juta euro), Serie A Italia (100,84 juta euro), Bundesliga Jerman (99,26 juta euro), dan Divisi Championship Inggris (73,53 juta euro).

Tiga kesebelasan Inggris bahkan masuk ke dalam daftar 10 kesebelasan terboros selama Januari ini, yaitu Manchester City, Everton, dan Crystal Palace.

Namun, ada satu hal berbeda yang terjadi di awal tahun ini, yaitu pemasukan Liga Primer yang mencapai 271,4 juta euro (3,918 triliun rupiah) –terimakasih, Tiongkok– yang artinya, Liga Primer mendapatkan rekap transfer yang menguntungkan untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, via The Guardian.

Lebih banyaknya pemasukan daripada pengeluaran ini membuat Liga Primer memperoleh surplus uang transfer sebesar 17,55 juta euro (253,4 miliar rupiah) sepanjang Januari 2017.

Setelah deadline berhasil dilewati (tapi bukan deadline transfer di Tiongkok yang jatuh pada akhir bulan Februari), sekarang saatnya kita kembali sama-sama menilai apakah keduapuluh kesebelasan di Liga Primer sudah membelanjakan uangnya sesuai kebutuhan, atau justru mereka malah panik dan membeli pemain-pemain yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Namun sebelum melanjutkan, kembali mengingat pertanyaan yang pernah saya lontarkan enam bulan yang lalu di deadline jendela transfer musim panas, kita bisa melihat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pamungkas pada awal musim ini di Liga Primer:

  • Akankah Saido Berahino pindah dari West Bromwich Albion? Akhirnya ia benar-benar pindah.
  • Apakah Arsenal akan benar-benar membeli pemain bintang (yang pastinya mahal)? Lagi-lagi tidak.
  • Sudahkah skuat Hull City cukup untuk mengarungi separuh akhir Liga Primer? Sepertinya sudah cukup secara kuantitas.
  • Akankah Antonio Conte mendapatkan bek yang baru? Hanya Nathan Aké yang dipulangkan dari peminjamannya di AFC Bournemouth.
  • Bagaimana nasib Bastian Schweinsteiger? Ia tetap akan menjadi pemain Manchester United, sampai akhir musim, dan kali ini dipersilakan bermain juga di Liga Europa UEFA.
  • Bagaimana dengan Alberto Moreno? Liverpool akan beli bek kiri baru, nih? Moreno masih bek kiri utama di Liverpool.

Tanpa banyak basa-basi, ini lah rapor atau nilai yang kami berikan untuk seluruh kesebelasan Liga Primer pada jendela transfer musim dingin 2017 ini.

Arsenal

Komentar