Deadline Day dan Penghakiman untuk Kesebelasan Liga Primer

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Deadline Day dan Penghakiman untuk Kesebelasan Liga Primer

Arsenal
The Gunners mendapatkan Shkodran Mustafi (Valencia) dan Lucas Pérez (Deportivo). Tapi transfer yang berpotensi menjadi pembelian terbaiki mereka adalah Granit Xhaka. Sedangkan harus meminjamkan Jack Wilshere ke AFC Bournemouth bisa jadi merupakan transfer yang akan mereka sesali: Menyesal karena Wilshere malah cedera, menyesal karena Wilshere malah jadi jago di Bournemouth, atau menyesal karena Wilshere bermain sangat buruk sehingga harus kembali dari pinjaman sebagai pemain yang gagal. Serba salah.
Nilai transfer di tenggat waktu: B-
Nilai transfer musim panas keseluruhan: B

Bournemouth
Mendapatkan Wilsehere dengan status pinjaman bisa jadi merupakan transfer terbaik mereka. Tapi sebaiknya para pendukung The Cherries jangan terlalu berharap. Sebelumnya mereka telah kehilangan Matt Ritchie yang bisa saja menjadi penyesalan. Untuk deadline day, sebenarnya mereka masih membutuhkan sosok bek tengah. Namun apa daya, tenggat waktu sudah terlanjur datang.
Nilai transfer di tenggat waktu: B
Nilai transfer musim panas keseluruhan: B

Burnley
Pindahnya Joey Barton (Rangers) di akhir musim lalu adalah sebuah kehilangan yang besar bagi Burnley. Tapi mereka mendapatkan penggantinya pada Steven Defour (Anderlecht). Mereka sudah sangat baik dengan berhasil mempertahankan bek tengah mereka, Michael Keane. Sedangkan Jeff Hendrick (Derby) dan Patrick Bamford (dipinjam dari Chelsea) sepertinya sudah cukup membuat mereka puas berbisnis di musim panas ini.
Nilai transfer di tenggat waktu: C-
Nilai transfer musim panas keseluruhan: C

Chelsea
Antonio Conte dinilai sangat membutuhkan bek tengah di saat Chelsea memiliki Matt Miazga (dipinjamkan ke Vitesse), Papy Djilobodji (dijual ke Sunderland), Michael Hector (dipinjamkan ke Frankfurt), Tomás Kalas (dipinjamkan ke Fulham), Nathan Aké (dipinjamkan ke Bournemouth), dan Kenneth Omeruo (dipinjamkan ke Alanyaspor). Kepulangan David Luiz (PSG) bisa jadi berkah maupun bencana, tapi mereka mendapatkan sosok bek tengah yang lebih baik dibandingkan dengan nama-nama yang sudah disebutkan di atas. Apalagi Marcos Alonso (Fiorentina) juga berhasil didatangkan kemarin, sehingga Chelsea patut berpuas diri, untuk sementara ini.
Nilai transfer di tenggat waktu: B+
Nilai transfer musim panas keseluruhan: B+

Crystal Palace
Kedatangan Steve Mandanda, James Tomkins, Andros Townsend, dan Chistian Benteke akan membuat Crystal Palace lebih sangar musim ini, meskipun mereka kehilangan Yannick Bolasie (tapi dengan harga yang tepat). Ditambah kedatangan Loïc Rémy (pinjam dari Chelsea), tinggal bagaimana Alan Pardew meracik kesebelasannya saja sekarang. Jordon Mutch yang tidak jadi dilego pada tenggat waktu membuat skuat Palace sudah seimbang.
Nilai transfer di tenggat waktu: C
Nilai transfer musim panas keseluruhan: B

Everton
Kegagalan mendatangkan Moussa Sissoko adalah satu-satunya penyesalan Ronald Koeman di tenggat waktu kemarin. Namun, berhasil mendatangkan Enner Valencia dari West Ham United membuat lini depan mereka bisa lebih kompetitif. Jika melihat secara keseluruhan, Koeman sudah sangat tepat dalam semua pembelian pemainnya, terutama Idrissa Gueye. Sementara kehilangan John Stones memang sangat disesalkan, tapi begitu melihat harganya, penyesalan seolah hilang. Hanya satu yang kurang, mereka tidak berhasil mendatangkan bek sayap kanan yang baru di saat Seamus Coleman dan Tyias Browning cedera.
Nilai transfer di tenggat waktu: C
Nilai transfer musim panas keseluruhan: B+

Hull City
Mohamed Diamé adalah pemain kunci Hull City untuk promosi ke Liga Primer, tapi ia malah dijual ke Newcastle, Steve Bruce mengundurkan diri pada saat pra-musim, banyak masalah yang timbul karena pemilik kesebelasan, dan hanya 13 pemain senior yang fit pada gameweek 3 Liga Primer. Masalah-masalah tersebut berhasil ditekel dengan baik oleh caretaker Mike Phelan (yang kemungkinan besar akan menjadi manajer tetap) dengan berhasil mempertahankan Abel Hernandez dan mendatangkan 6 pemain dalam waktu 48 jam menjelang tenggat waktu: Ryan Mason (gelandang dari Spurs), William Keane (penyerang dari Man United), David Marshall (kiper dari Cardiiff), Diumerci Mbokani (penyerang pinjaman dari Dynamo Kyiv), James Weir (gelandang dari Man United), dan Markus Henriksen (gelandang pinjaman dari AZ). Satu sektor yang dirasa masih kurang untuk ditambal adalah bek tengah mengingat 4 bek tengah mereka mengalami cedera.
Nilai transfer di tenggat waktu: B
Nilai transfer musim panas keseluruhan: D (“D” untuk “deadliner sejati”, tapi bisa dipahami)

Leicester City
Kedatangan Islam Slimani dari Sporting CP pada tenggat waktu adalah keputusan yang tepat mengingat mereka membutuhkan penyerang yang unggul duel bola udara, meskipun Leonardo Ulloa tidak jadi pindah. Isu utama Leicester City adalah pada sosok pengganti N`Golo Kanté di saat mereka hanya mendatangkan Nampalys Mendy dan membiarkan Gökhan Inler pergi ke Besiktas.
Nilai transfer di tenggat waktu: C+
Nilai transfer musim panas keseluruhan: B

Liverpool

Komentar