Deadline Day dan Penghakiman untuk Kesebelasan Liga Primer

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor of Pandit Football Indonesia, manager of Box2Box Media Network, podcaster of Footballieur, creative writer of Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Deadline Day dan Penghakiman untuk Kesebelasan Liga Primer

Ada uang sebanyak 169,31 juta paun (2,955 triliun rupiah) yang dikeluarkan oleh seluruh kesebelasan di Inggris kemarin (31 Agustus 2016) saat tenggat waktu atau deadline jendela transfer musim panas 2016. Bayangkan uang sebanyak itu bisa dikeluarkan hanya dalam satu hari saja.

Pada pukul 23:30 Waktu Sentral Eropa (ECT) atau sekitar 05:30 WIB, akhirnya semua drama selesai. Hampir tiga trilyun rupiah adalah uang yang dipakai untuk mendatangkan total 102 pemain pada deadline day.

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai kebutuhan seluruh kesebelasan di Liga Primer Inggris di tenggat waktu transfer, sekarang saatnya kita sama-sama menilai apakah keduapuluh kesebelasan di Liga Primer sudah membelanjakan uangnya sesuai kebutuhan, atau justru mereka malah panik dan membeli pemain-pemain yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Namun sebelum melanjutkan, lebih enak jika kita mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pamungkas pada transfer deadline day kemarin di Liga Primer:

  • Akankah Saido Berahino pindah dari West Bromwich Albion? Mungkin, tapi setidaknya tidak pada musim panas ini.
  • Apakah Arsenal akan benar-benar membeli pemain bintang (yang pastinya mahal)? Ternyata tidak.
  • Sudahkah skuat Hull City cukup untuk mengarungi semusim penuh Liga Primer? Sepertinya sudah cukup, setidaknya secara kuantitas.
  • Akankah Antonio Conte mendapatkan bek yang baru? Ya, dan David Luiz adalah orangnya.
  • Bagaimana nasib Bastian Schweinsteiger? Ia tetap akan menjadi pemain Manchester United.
  • Bagaimana dengan Alberto Moreno? Liverpool akan beli bek kiri baru, nih? Moreno masih bek kiri utama di Liverpool.

Benar saja, sebanyak 1,152 miliar paun secara total dihabiskan oleh seluruh kesebelasan Liga Primer selama musim panas ini. Mengutip kembali José Mourinho, “sepakbola sudah gila, pasar (harga pemain) sudah gila.”

Tanpa banyak basa-basi, ini lah nilai yang kami berikan untuk seluruh kesebelasan Liga Primer pada hari tenggat waktu transfer kemarin.

Arsenal

Komentar