Mereka-mereka yang Akan Tergusur Karena Kedatangan Eric Bailly

Analisis

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Mereka-mereka yang Akan Tergusur Karena Kedatangan Eric Bailly

Transfer perdana dilakukan oleh rezim Jose Mourinho di Manchester United. Bek tengah asal Pantai Gading, Eric Bailly, dipastikan akan menjadi pemain baru Manchester United untuk gelaran musim depan. Kabar mengenai ketertarikan United terhadap Bailly sendiri sudah berhembus kencang bahkan sejak Mourinho diperkenalkan sebagai juru taktik baru United.

Melalui akun twitter resmi mereka, United mengumumkan perekrutan Eric Bailly. Mantan pemain Villarreal tersebut kabarnya diboyong dengan transfer sebesar 30 juta poundsterling dan akan dikontrak selama empat tahun.

Kedatangan Bailly tentu merupakan kabar yang menggembirakan bagi para penggemar United. Karena dalam dua tahun kebelakang mereka harus menyaksikan tim pujaan mereka tampil keropos di lini pertahanan, terutama sektor bek tengah. Chris Smalling memang tampil bagus, namun ia masih harus berurusan dengan konsistensi penampilannya. Phil Jones dan Marcos Rojo lebih banyak berkutat dengan cedera. Bahkan dalam beberapa kesempatan United harus memainkan pemain lain yang tidak berposisi asli sebagai bek tengah, misalnya Daley Blind atau Michael Carrick.

Namun ditengah kegembiraan tersebut ada sedikit masalah muncul. Kedatangan pemain baru bukan saja menambah stok yang sudah ada. Tetapi hal tersebut juga memungkinkan hengkangnya para pemain lama agar skuat bisa berada dalam jumlah yang sesuai. Berikut para pemain United yang kemungkinan akan tergusur karena kedatangan Bailly.

Daley Blind

Daley Blind menjadi nama pertama yang posisi nya paling tidak aman karena kedatangan Bailly. Blind yang dipasang sebagai bek tengah di era Van Gaal sebenarnya bermain tidak terlalu mengecewakan. Dimutasi dari posisi aslinya gelandang bertahan, Blind punya kemampuan spesial ketika menekel dan membaca permainan lawan. Catatan tekel Blind adalah yang terbaik di kubu United bersama bek kanan Matteo Darmian.

Baca juga :

Kelebihan-kelebihan yang Akan Membuat Daley Menjadi Bek Tengah Seperti Ayahnya

Namun karen fisiknya yang tidak terlalu jangkung membuat Blind sering kalah ketika melakukan duel udara. Bahkan dalam beberapa kesempatan tumbangnya Blind dalam sebuah duel udara menjadi biang kekalahan United. Putra dari legenda sepakbola Belanda Danny Blind tersebut juga gencar dikabarkan akan menjadi salah satu pemain yang ditendang Mourinho dari Old Trafford.

Phil Jones

Digadang-gadang akan menjadi kapten Inggris di masa mendatang, Phil Jones seakan sulit mencapai ekspetasi yang dibebankan kepadanya. Bahkan sebenarnya banyak pihak lebih menjagokan Jones untuk berkembang ketimbang Chris Smalling. Cedera membunuh potensi mantan pemain Blackburn tersebut. Apabila tidak bisa kembali mencapai kebugaran terbaiknya, Jones sudah tentu akan masuk ke dalam daftar pemain yang akan dijual oleh Mourinho.

Marcos Rojo

Direkrut pasca Piala Dunia 2014, Rojo sempat menjadi pujaan di United. Namanya yang berarti “merah” dalam bahasa Spanyol membuat Rojo sempat menjadi pemain yang dicintai para penggemar United.

Cedera, kemudian sempat mendapatkan komentar negatif dari mayoritas penggemar United, serta secara eksplisit mengungkapkan keinginannya untuk hijrah ke klub masa kecilnya, Independiente. Membuat situasi Rojo di barat daya Inggris menjadi semakin sulit. Satu-satunya hal yang bisa menyelamatkan Rojo adalah kemampuan versatile-nya untuk bermain di banyak posisi. Rojo tentu adalah amunisi yang sangat baik di posisi bek kiri.

Timothy Fosu-Mensah & Cameron Borthwick-Jackson

Salah satu ketakutan yang muncul ketika Mourinho ditunjuk sebagai manajer United adalah ia tidak akan memberikan banyak kesempatan bagi para pemain muda. Meskipun sebenarnya ia memiliki track record cukup baik terkait mengorbitkan pemain muda, kasus yang dialami oleh Kevin de Bruyne tentu menjadi rujukan bagaimana sikap ‘the special one’ kepada para pemain belia.

Para penggawa muda United adalah warisan terbesar Louis van Gaal di United. Sebanyak 14 pemain muda mendapatkan debut tim utama ketika juru taktik asal Belanda tersebut menjabat. Bahkan beberapa diantaranya bermain gemilang dan menjadi senjata baru klub sepanjang musim.

Baca juga :

Louis van Gaal Babes XI

Warisan-warisan yang Ditinggalkan Louis van Gaal untuk Manchester United

Dengan kedatangan Bailly tentu ini akan membuat waktu bermain para pemain muda di lini belakang menjadi minim. Timothy Fosu-Mensah dan Cameron Borthwick-Jackson adalah jebolan akademi yang punya kemungkinan besar posisinya semakin sulit karena kedatangan Bailly. Sama seperti Rojo, yang mengamankan posisi kedua pemain muda ini adalah kemampuan mereka bermain di banyak posisi. Atau apabila ingin tetap mendapatkan waktu bermain, opsi pinjaman adalah solusi yang tepat bagi kedua pemain ini.

***

Kemasukan 35 gol dari 38 pertandingan memang membuat lini pertahanan United punya catatan spesial. Akan tetapi dengan blunder, kesalahan, dan banyak permasalahan yang muncul sepanjang musim, tentu kehadiran Bailly adalah angin segar bagi lini pertahanan United.

Apalagi Bailly merupakan tipe pemain belakang kesukaan Mourinho. Kuat secara fisik, punya kecepatan, cekatan ketika melakukan recovery, dan juga bisa menggiring bola untuk membangun permainan. Jadi kedatangan Bailly adalah sesuatu yang diinginkan Mourinho agar bisa sesuai dengan sistem yang nanti diterapkan olehnya di United.

Jadi siapakah yang akan tersingkir karena kedatangan Bailly?

foto : villarrealcf.es

Komentar