Daniel Alves Penuhi Kualifikasi Standar "Pemain Tua" Juventus

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi 37121

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Daniel Alves Penuhi Kualifikasi Standar "Pemain Tua" Juventus

Bergabungnya Alves ke Juventus bisa berarti dua hal; sisi kanan pertahanan Juventus bisa lebih ofensif dan sejumlah pemain di sisi kanan terancam hengkang. Hal yang kedua akan menjadi perhatian Juventus jelang bursa transfer musim panas dibuka terkait nasib sejumlah pemain Juve yang lain.

Efek Domino Kehadiran Alves

Martin Caceres yang sebelumnya sering menghuni sisi kanan Juventus menjadi nama pertama yang kemungkinan hengkang atas perekrutan Alves. Kontraknya bersama Juventus sendiri akan berakhir pada 30 Juni 2016. Pihak manajemen tampak enggan memperpanjang kontrak Caceres yang sempat cedera dan berurusan dengan kepolisian jelang musim 2015/2016 berakhir.

“Caceres akan mengakhiri ikatan kerja dengan kami 30 juni [2016],” ujar Marotta. “Dia selalu berlatih profesional, tapi saya tidak tahu ia akan pindah ke Napoli atau tim lain. Kami tidak akan menjual siapapun di lini belakang, kecuali Caceres, ia dibebaskan [menentukan nasibnya].”

Tak hanya Caceres yang terancam. Bek kanan Juventus asal Swiss, Stephan Lichtsteiner, juga menghadapi situasi yang bisa membuatnya hengkang. Lichtsteiner dikabarkan akan bergabung dengan mantan pelatih Juventus, Antonio Conte, yang akan menangani Chelsea musim depan.


Lcihtsteiner dan Caceres. (via: it.eurosports.com)

Lichtsteiner sudah membela Bianconeri sejak dibeli dari Lazio pada 2011. Ia pun merupakan pemain yang datang bersamaan dengan masuknya Conte sebagai pelatih Juventus pada 2011. Kemungkinan hengkangnya Lichtsteiner ke Chelsea pun semakin terbuka mengingat saat ini Chelsea tak memiliki full-back kanan murni; Branislav Ivanovic merupakan bek tengah dan Cesar Azpilicueta lebih sering ditempatkan di sisi kiri.

Lichtsteiner pun musim ini harus bersaing dengan Juan Cuadrado ketika Juve memasang formasi dasar 3-5-2. Meski jumlah main Lichtsteiner tak jauh berbeda dengan musim lalu, namun musim ini ia tampil sebanyak empat kali di Coppa Italia, sebelumnya hanya sekali. Padahal di Coppa Italia, Juventus biasanya memasang pemain cadangan.

Pembenahan di sisi kanan pun memang menjadi salah satu hal yang paling akan dilakukan Juventus di bursa transfer musim panas nanti. Selain Alves, Juventus juga mengincar bek kanan asal Belanda, Daryl Janmaat, yang terdegradasi bersama Newcastle United. Ini bisa jadi indikasi bahwa Juventus, atau pelatih Juventus, Massimilliano Allegri, tidak puas akan sisi kanan Juventus, di mana Lichtsteiner merupakan pemain utama di area tersebut.

ed: fva

Komentar