Duel Bek Sayap di Upton Park: Aaron Cresswell vs Antonio Valencia

Analisis

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Duel Bek Sayap di Upton Park: Aaron Cresswell vs Antonio Valencia

Liga Primer Inggris memang sudah menghasilkan juaranya. Leicester City seakan menjadi kisah dongeng karena berhasil menjadi kampiun. Padahal, semusim sebelumnya mereka berada di posisi yang sulit bahkan hampir saja terdegradasi. Tetapi cerita tidak berhenti sampai di situ saja. Perebutan tiket untuk berlaga di Eropa juga menjadi sesuatu yang sangat menarik.

Manchester United menjadi salah satu kontestan dalam pertarungan menuju Liga Champions Eropa. Mereka memiliki misi yang bisa dibilang cukup berat. Skenario utama bagi Manchester United adalah mereka harus bisa menyapu bersih tiga pertandingan tersisa agar memastikan diri berlaga di kompetisi tertinggi benua Eropa tersebut musim depan.

United diuntungkan dengan sisa satu pertandingan lebih sedikit ketimbang rival sekota mereka, Manchester City, yang berada di peringkat keempat klasemen sementara yang hanya unggul selisih dua poin saja. Maka, kemenangan atas West Ham yang menjadi lawan perdana di tiga pertandingan terakhir mereka di Liga Primer musim ini akan menjadi sebuah titik balik. Apabila berhasil memenangi laga pada Rabu (11/05) dini hari nanti, United akan menyalip City dan akan unggul satu poin dari rival sekotanya tersebut.

Sementara West Ham yang akan bertindak sebagai tuan rumah di laga nanti juga sama-sama membutuhkan kemenangan. Kesebelasan yang ditangani oleh Slaven Bilic tersebut setidaknya ingin mengamankan posisi mereka di agar bisa berlaga di Europa League.

Upton Park akan menjadi medan pertempuran bagi kedua tim. Kedua tim tentunya akan menyajikan permainan terbaik agar bisa meraih kemenangan. Karena hasil akhir pertandingan akan menjadi penting untuk nasib mereka di musim depan.

Duel menarik tentunya terjadi di sektor bek sayap. Bek kiri West Ham Aaron Creswell akan berhadapan dengan Antonio Valencia yang ditempatkan sebagai bek kanan. Kedua pemain ini memiliki peran hampir serupa. Bukan saja menjadi pilar penting di lini pertahanan, keduanya juga tipe pemain bertahan yang rajin naik untuk membantu serangan.

Dimitri Payet memang menjadi sosok penting yang melambungkan West Ham musim ini. Akan tetapi peran Aaron Cresswell juga tidak bisa dianggap remeh. Cresswell menjadi pemain yang paling sering tampil untuk skuat berjuluk The Hammers tersebut musim ini. Ia bersama Mark Noble menjadi pemain yang selalu diturunkan oleh manajer Slaven Bilic.

Sementara itu, musim ini memang tidak berjalan terlalu baik untuk Antonio Valencia. Waktunya lebih banyak ia habiskan berkutat dengan cedera. Terlebih lagi sejak "resmi" mendapatkan mutasi posisi menjadi bek kanan di era Louis van Gaal, Valencia sulit bersaing. Musim ini saja ia harus merelakan tempatnya di tim utama kepada bek asal Italia, Matteo Darmian.

Grafis di atas merupakan perbandingan dari penampilan Aaron Creswell dan Antonio Valencia. Secara kuantitas penampilan, Cresswell tentunya unggul jauh dibandingkan Valencia. Juga dalam urusan mencetak gol, Cresswell sudah menciptakan empat gol, sementara Valencia musim ini belum sama sekali menyarangkan bola ke gawang lawan.

Variabel-variabel lain memang menggambarkan kelebihan dari masing-masing pemain. Cresswell merupakan full-back yang memang sangat Inggris. Ia sangat piawai ketika melepaskan umpan silang. Ia juga sangat disiplin ketika bertahan, bisa terlihat dari catatan intercept 1,94 per pertandingan yang dibuat oleh pemain kelahiran Liverpool tersebut.

Pengalaman Valencia bermain sebagai winger juga menjadi kelebihan tersendiri. Catatan asis dan dribel pemain asal Ekuador ini lebih unggul dibandingkan Creswell. Yang terbaru, ia memberikan asis untuk gol Anthony Martial ketika berhadapan dengan Leicester City di awal bulan Mei ini.

Keduanya punya tugas penting yang bisa sangat memengaruhi hasil akhir pertandingan. Apabila Cresswell mampu meredam pergerakan Juan Mata, dan Valencia berhasil mematikan Payet, bisa dipastikan pihak yang berhasil menjalankan tugasnya memiliki kans yang lebih besar untuk memenangi pertandingan. Pasalnya, Juan Mata dan Payet adalah nyawa permainan dari masing-masing kesebelasan.

Selain untuk kemenangan bagi tim, laga ini juga menjadi penting bagi keduanya secara individu. Cresswell tentunya ingin menampilkan yang terbaik agar bisa meyakinkan Roy Hodgson untuk menyertakan namanya ke Piala Eropa. Sementara Valencia tentu ingin membuktikan bahwa dirinya belum habis.

Jadi siapakah yang membawa kesebelasannya menang dalam duel di Upton Park nanti? Apakah Aaron Cresswell atau Antonio Valencia?

ed: fva

Foto & Grafis : Ivan Hadyan

Komentar