Suarez Telah Sejajar dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Analisis

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Suarez Telah Sejajar dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Titel el Pichichi, pencetak gol terbanyak La Liga, dalam beberapa musim terakhir di La Liga hanya didominasi oleh dua nama, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Terhitung semenjak musim 2009/2010 hingga 2014/2015, keduanya masing-masing telah mengoleksi tiga gelar tersebut. Akan tetapi, pada periode kali ini Ronaldo memiliki agresivitas lebih baik dibanding Messi.

Meski mengalami start yang buruk dalam dua laga di awal musim ini, Ronaldo berhasil tancap gas setelah mencetak lima gol saat Madrid mencukur Espanyol 6-0. Di sisi lain, Messi hanya mencetak tiga gol dalam waktu sebulan. Saat ini pemain berusia 31 tahun tersebut mengungguli jumlah gol dari rivalnya yakni dengan 31 gol. Sementara itu La Pulga yang sempat kehilangan ketajamannya, ia baru 25 kali membobol gawang lawannya.

Jika dilihat dari peta persaingan keduanya tentu Ronaldo berpeluang besar untuk mendapatkan gelar el Pichichi kali ini sekaligus untuk mengungguli Messi dalam jumlah torehan gelar top skor La Liga tersebut. Akan tetapi hal itu akan sulit terealisasi di musim ini, pasalnya ia telah mengalami cedera yang memaksanya harus menepi dalam beberapa pertandingan. Cedera paha yang dialaminya ketika melawan Villareal pada 20 April lalu memaksa pemain tersebut harus absen saat melawan Rayo Vallecano, Real Sociedad, dan Manchester City di ajang Liga Champions.

Satu laga begitu berarti bagi Ronaldo, pasalnya ia terhitung memiliki rasio tinggi dalam mencetak gol di tiap pertandingan. Dalam laga yang dilakoninya ia sukses menyarangkan minimal satu gol dan dengan cedera yang dialaminya saat ini tentu akan menjadi penghambat bagi Ronaldo untuk menambah jumlah gol.

Lawan Ronaldo musim ini ternyata bukan (hanya) Messi, melainkan penyerang asal Uruguay, Luis Suarez. Suarez pada musim ini telah menjelma menjadi penyumbang gol terbanyak bagi Barcelona.

Luis Suarez sedang dalam kondisi terbaiknya akan semakin membuat Ronaldo tertinggal. Sebelum mengalami cedera, ia telah unggul lima gol atas salah satu trisula Barcelona tersebut. Namun kesempatan tersebut mampu dimanfaatkan oleh Suarez saat mencetak empat gol saat mengalahkan Deportivo La Coruna. Pada laga selanjutnya Suarez kembali mencetak quatrick ketika berhadapan dengan Sporting Gijon. Kini penyerang asal Uruguay tersebut telah mengemas 35 gol dan memimpin sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga.

Tak hanya dalam jumlah gol, Suarez juga unggul dalam akurasi tembakan. Ia memiliki presentase sebesar 54% dengan 62 tendangan terarah serta 53 kali tembakannya melenceng dari target. Jumlah tersebut lebih banyak dari raihan Ronaldo yang hanya mencatatkan 51%.

Ronaldo pun absen ketika Real Madrid berhadapan dengan Real Sociedad. Tampaknya ia diistirahatkan untuk memperkuat Los Blancos yang akan menjamu Manchester City pada leg kedua.

Di tempat lain, Suarez berhasil menambah pundi-pundi golnya di La Liga saat timnya berhadapan dengan Real Betis. Satu torehan golnya membuatnya semakin memantapkan diri sebagai pencetak gol terbanyak La Liga. Dengan 35 gol, ia unggul empat gol dengan Ronaldo yang menguntit di bawahnya.

Suarez sendiri telah membuktikan ketajamannya ketika sukses mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Primer kala masih berseragam Liverpool dua musim yang lalu. Dalam 33 laga bersama The Reds ia berhasil melesakkan 31 gol, catatan tersebut merupakan jumlah gol terbanyak dalam enam periode terakhir Liga Primer. Torehan yang sama juga pernah ia raih saat membela Ajax. Di musim 2009/2010 ia sukses mencatatkan 35 gol di Eredivisie dan sekaligus menyamai jumlah gol Mateja Kezman tujuh musim sebelumnya.

Persaingannya dengan Ronaldo kali ini bukanlah yang pertama. Suarez juga pernah meraih gelar bersama pemain tersebut saat dianugerahi Sepatu Emas Eropa di musim 2013/2014. Prestasi tersebut semakin membuktikan Suarez sebagai striker kelas dunia.
Dengan menyisakan tiga pertandingan lagi Suarez hanya perlu mempertahankan performa terbaiknya hingga akhir musim. Bisa jadi ia akan meraih top skor musim ini dan menyejajarkan dirinya dengan Ronaldo dan Messi yang menjadi identik dengan El Pichichi.



Grafis: Ivan Hadyan

Foto: sport-english

Komentar