Prediksi Klasemen Akhir Papan Atas Liga Primer Inggris

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Prediksi Klasemen Akhir Papan Atas Liga Primer Inggris


Persaingan zona Liga Champions masih sengit

Lolos ke Liga Champions UEFA adalah target berikutnya bagi kesebelasan di Liga Primer. Suatu hal yang mengejutkan jika Leicester berhasil melakukannya bersama Spurs dan West Ham.

Padahal di bawah mereka masih ada kesebelasan-kesebelasan "tradisional" seperti Arsenal, City, dan United, atau belum lagi jika kita harus menyebut Liverpool (peringkat 9) dan Chelsea (10).

Melihat jadwal pertandingan di atas, menurut kami Spurs akan sedikit terpeleset sementara Arsenal akan terus melaju mulus. Namun, tetap saja sepertinya The Gunners harus rela jika musim ini Spurs bisa finis di atas mereka.

Dari prediksi kami di atas, poin Spurs dan Arsenal akan sama, yaitu 75 poin, tetapi Spurs akan lebih unggul dalam selisih gol. Saat ini saja Spurs memiliki rekor memasukkan dan kemasukan +32 sementara Arsenal +22, atau terpaut 10 gol.

Selisih gol ini juga akan sangat berpengaruh karena dari prediksi kami di atas, perkiraan poin Spurs-Arsenal (sama-sama 75) dan City-United (sama-sama 68) akan sama. Tetapi saat ini Spurs unggul selisih gol dari Arsenal, begitu juga City (+24) unggul selisih gol dari United (+12).

Sementara untuk peringkat keempat yang berarti akan lolos ke babak playoff Liga Champions (tidak lolos langsung ke babak penyisihan grup), tempat ini akan diperebutkan oleh Machester City, Manchester United, dan West Ham United, serta mungkin bisa saja Southampton (peringkat 7; 47 poin), Stoke City (8; 47), Liverpool (9; 45), dan bahkan Chelsea (10; 44) yang bisa membuat kejutan; terutama Liverpool yang masih menyisakan 8 pertandingan (dua kali double gameweek).

Melihat calon lawan-lawan Man City, West Ham, dan Man United, serta penampilan mereka yang agak tidak meyakinkan sepanjang musim ini, ketiga kesebelasan ini patut khawatir. Menurut prediksi kami, ketiganya akan sedikit terpeleset sehingga tidak akan ada perubahan berarti pada klasemen akhir klasemen.

Lain halnya dengan Liga Champions, lolos ke Liga Europa UEFA, atau peringkat kelima, bisa berarti berkah untuk West Ham namun akan menjadi bencana untuk semua kesebelasan di atas (terutama Leicester yang keterlaluan kalau sampai tidak juara, apalagi melorot ke peringkat kelima).

***

Apapun yang terjadi nantinya, seharusnya akan ada kejutan di Liga Primer Inggris 2015-2016. Namun, kita semua pastinya sudah mewanti-wanti untuk tidak terkejut (baca: Leicester City juara).

Ini seperti kita sedang memergoki teman-teman kita sedang menyiapkan pesta kejutan (surprise party) untuk ulang tahun kita. Sehingga kita pun jadi serba salah untuk menggagalkan kejutan tersebut atau pura-pura terkejut saja nantinya.

Komentar