Walau Kurang Efektif, Dortmund Berhasil Atasi Perlawanan Mainz 05

Analisis

by redaksi

Walau Kurang Efektif, Dortmund Berhasil Atasi Perlawanan Mainz 05

Borussia Dortmund kembali menjaga jarak dengan Bayern Munchen sebagai pimpinan klasemen sementara Bundesliga 2015/2016. Dortmund berselisih lima poin dengaen Munchen setelah mengkandaskan Mainz 05 di Stadion Signal Iduna Park, Minggu (14/3). Pertadingan sendiri berakhir dengan skor 2-o yang dicetak oleh Marco Reus pada menit ke-30 dan Shinji Kagawa pada menit ke-73. Sementara hasil ini membuat Mainz turun ke posisi enam. Mereka harus rela disalip Borussia Monchengladbach yang mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 3-0.

Sejak awal pertandingan, Dortmund terus menggempur pertahanan Leon Balogun dan kawan-kawan. Salah satunya dilakukan Marcel Schmelzer, full-back kiri Dortmund, pada menit ke-21. Ia melakukan penetrasi ke sisi kanan pertahanan Mainz, kemudian Schmelzer berhasil mengecoh Christian Clemens, gelandang kanan Mainz. Sayang, tendangannya masih mampu ditepis penjaga gawang Mainz, Loris Karius.

Agresivitas menyerang Dortmund akhirnya menciptakan gol pdaa menit ke-30.  Pergerakan Gonzalo Castro, gelandang Dortmund, menerobos pertahanan Mainz dan memberikan through pass kepada Marco Reus. Kemudian Reus berhasil menceploskan bola ke sisi kanan gawang Mainz. Keunggulan Dortmund sebagai tuan rumah dengan skor 1-0, bertahan hingga turun minum.

Loris Karius sebenarnya bermain cukup baik dalam pertandingan malam tersebut. Penjaga gawang bertinggi badan 189 cm ini mampu melakukan saves sebanyak delapan kali. Salah satu aksinya berhasil menepis tendangan yang dilakukan Pierre-Emerick Aubameyang dalam situasi satu lawan satu. Selain itu, Karius juga mampu mengamankan tendangan Aubameyang yang mengarah ke pojok gawang.

Pertahanan Mainz kembali goyah pada menit ke-73. Pergerakan Aubameyang di sisi kanan pertahanan Mainz tak terjaga. Kemudian ia melakukan umpan cut-back yang menemui Shinji Kagawa yang bebas dari kawalan. Kemudian Kagawa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah menyontek umpan dari Aubameyang.

Dalam pertandingan ini Dortmund memang sangat terlihat dominan. Selain mampu meciptakan peluang dari possession ball yang diterapkan pelatihnya, Thomas Tuchel, Dortmund juga selalu menganggu penguasaan bola para pemain Mainz. Begitu pun dengan Mainz.  Sebenarnya mereka rajin dalam melakukan tackle dengan catatan 26 tackle. Namun buruknya Mainz dalam penyelesaian akhir, mereka tak mampu menciptakan peluang dan gol. Penguasaan bola sendiri mutlak dikuasai oleh Dortmund dengan persentase 65% berbanding 35%.

Sering kali Dortmund juga melakukan penyerangan melalui sisi kiri. Posisi yang diisi oleh Schmelzer dan Reus ini mendominasi penyerangan dengan 40% dominasi serangan Dortmund. Namun efektifitas menjadi masalah Dortmund pada pertandingan tersebut. Dari 22 kesempatan menembak, hanya delapan yang on target dan dua yang menjadi gol.

Bila Mainz 05 tidak memiliki Loris Karius di pos penjaga gawang, mungkin saja Mainz 05 bisa saja kebobolan lebih banyak. Sisi kanan menjadi sektor terlemah dari Mainz 05. Dua gol menjadi bukti lemahnya sisi kanan pertahanan Mainz.

Penetrasi yang dilakukan oleh Gonzalo Castro diawali dari sisi kiri. Kemudian ia merangsek masuk ke tengah dan kemudian memberikan umpan kepada Reus. Begitu juga pada gol kedua, pergerakan Henrikh Mkhitaryan di tengah menemukan Aubameyang di sisi kanan pertahanan lawan tanpa penjagaan. Kemudian dengan mudah ia memberikan cut-back kepada Kagawa di tengah.

Hasil ini akan menjadi modal positif bagi Dortmund untuk menghadapi leg kedua Liga Eropa. Mereka akan bertandang ke markas Tottenham Spur di Stadion White Hart Line pertengahan pekan nanti, Jumat (18/3). Sedangkan Mainz masih harus berusaha untuk memperbaiki klasemen di Bundesliga, untuk mampu melaju ke Liga Champions musim depan.

sumber : whoscored

Ed: RAS

Komentar