[Preview] Persib - Persija

Analisis

by redaksi

[Preview] Persib - Persija

Sempat tertunda karena alasan keamanan, pertandingan antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta akan berlangsung sore ini, Kamis (8/5) di Stadion Jalak Harupat.

Selain alasan rivalitas, duel keduanya juga menarik disimak karena sama - sama menghuni papan atas klasemen sementara wilayah barat ISL. Baik Persib maupun Persija juga baru saja menelan kekalahan pada pertandingan sebelumnya. Maung Bandung takluk dari tim sekota PBR, sedangkan Macan Kemayoran kalah dari pemuncak klasemen Arema.

Secara taktik pertandingan terakhir keduanya memiliki beberapa kemiripan. Persib sebelumnya gagal menghadapai kuatnya benteng pertahanan PBR, dan kerepotan mengantisipasi serangan balik mereka.

Sedangkan Persija memiliki taktik yang hampir sama dengan PBR, membuat Arema yang merupakan tim paling produktif di Liga kerepotan untuk menjebol gawang Andritany. Namun sayang, serangan balik yang dimiliki Macan Kemayoran masih memiliki beberapa kelemahan.

Anak asuh Benny Dollo terlalu mengandalkan Ramdany sebagai poros utama dalam melakukan serangan balik. Sedangkan rekan yang lain lebih sering terlambat membantu atau berada dalam posisi yang terlalu jauh. Sehingga beberapa kesempatan yang dimiliki saat melawan Arema banyak yang terbuang.

Sedangkan dari kubu tuan rumah absennya M. Ridwan bisa jadi masalah besar, mengingat dirinya dan Supardi di sayap kanan selalu menjadi andalan Persib untuk menciptakan peluang. Meski ada nama - nama lain seperti Tantan, Atep, hingga Ferdinand Sinaga.

Ketika melawan Arema, Persija memang memilih fokus untuk bertahan meski bermain di kandang. Benny Dollo memilih memainkan tiga gelandang yakni Amarzukih, Egi, dan Chand yang diinstruksikan untuk rapat dengan barisan bek. Sedangkan kedua fullback juga tidak diberi kebebasan untuk terlalu maju membantu sektor depan.

Jika melihat agresivitas kedua sayap Persib, tidak ada salahnya jika Persija berani untuk berduel pada sisi pinggir lapangan ini. Apalagi Macan Kemayoran memiliki dua fullback yang memang mempunyai kemampuan untuk itu, yakni Ismed di kanan dan Dani Saputra di kiri.

Ketat di sayap tidak berarti juga tak ada duel di tengah. Persib memiliki lini tengah yang mumpuni dengan duet Makan Konate dan Firman Utina. Persija juga harus memberi perhatian khusus kepada keduanya, sama seperti saat mereka berhasil mematikan gerak Gustavo Lopez ketika melawan Arema.

Benny Dollo seharusnya juga sudah hafal dengan Firman Utina, yang pernah menjadi anak emasnya dahulu di beberapa klub yang pernah dibela keduanya. Apalagi target yang dicanangkan sang pelatih adalah membawa 3 poin dari Bandung.

Persib vs Persija Live RCTI 15.30 WIB


Baca juga:

Statistik Persib vs Persija Sepanjang Masa

Rivalitas Bandung vs Jakarta: 7 Kisah ‘Tempo Doeloe’

(amp)

Komentar