Prediksi Pertandingan Persipura Jayapura vs Bengaluru FC

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi Pertandingan Persipura Jayapura vs Bengaluru FC

Stadion Mandala, Jayapura, untuk pertama kalinya akan menghelat laga kandang Persipura Jayapura musim 2015 hari ini, 10 Maret 2015. Pada lanjutan AFC Cup 2015, kesebelasan berjuluk Mutiara Hitam ini akan menjamu juara Indian League (I-League), Bengaluru FC.

Bengaluru FC sendiri disebut-sebut sebagai kesebelasan terkuat pada grup E AFC Cup. Kesebelasan yang baru berusia satu tahun itu dilatih oleh mantan asisten pelatih Blackburn Rovers, Ashley Westwood. Bengaluru FC pun dihuni oleh sejumlah pemain yang membela timnas India.

Pada pekan pertama AFC Cup, skuat asuhan Westwood ini mampu meraih tiga poin. Menghadapi Maziya SC asal Maladewa, Bengaluru yang bermain di kandang mengakhiri pertandingan dengan skor tipis 2-1.

Namun, Bengaluru akan menjalani laga melawan Persipura kali ini tanpa kekuatan penuh. Dapat dipastikan bahwa Bengaluru akan tampil tanpa empat pemain andalannya yang tengah bergabung bersama timnas India untuk menghadapi Nepal pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Empat pemain yang dipanggil timnas India ini pun merupakan empat pilar penting dalam skuat Bengluru. Para pemain ini adalah pemain-pemain utama yang berhasil menghadirkan gelar juara I-League pada musim perdana Bengaluru di I-League.

Ya, Bengaluru akan kehilangan Keegan Pereira, Eugeneson Lyngdoh, Robin Singh, dan juga sang kapten tim, Sunel Chhetri. Eugeneson sendiri saat ini merupakan pencetak gol terbanyak musim ini bagi Bengaluru dengan lima gol dari 12 penampilannya musim ini.

Keempat pemain di atas adalah para pemain inti yang biasanya diturunkan dalam formasi 4-3-3 andalan Bengaluru. Keegan bermain sebagai pemain belakang, Eugeneson sebagai gelandang, sementara Robin dan Chhetri menghuni trio lini serang Bengaluru. Maka dapat dipastikan, pada laga ini Bengaluru hanya akan berharap penuh pada empat pemain asing yang mereka miliki.

Pada formasi 4-3-3, kendali permainan Bengaluru biasanya dipegang oleh Josh Walker. Pemain lulusan akademi Middlesbrough tersebut ditempatkan sebagai gelandang tengah dan memainkan peran deep lying midfielder.

Ujung tombak Bengaluru sendiri dihuni oleh penyerang asal Australia, Sean Rooney. Pemain yang sempat merumput di Indonesia bersama Deltras Sidoarjo ini akan menjadi pemain yang berusaha menarik perhatian pemain bertahan lawan.

Dalam skema menyerang Bengaluru, Westwood memang menggunakan tiga penyerang mereka untuk mengalihkan perhatian lini pertahanan lawan. Ketiga penyerang Bengaluru sendiri akan berusaha menciptakan ruang kosong di depan kotak penalti dengan bermain lebih merapat di kotak penalti. Inilah alasan mengapa Eugeneson yang bermain sebagai gelandang merupakan pencetak gol terbanyak pada musim ini.

BFC-1
Saat menghadapi Maziya SC. Terdapat ruang kosong yang diciptakan pemain depan bagi lini tengah. (via: Arnab Ray)

Saat melawan Maziya, Bengaluru memberikan tekanan pada pemain lawan sejak lawan menguasai bola di lini pertahanan miliknya. Lini pertahanan Bengaluru yang digalang oleh duet asing, John Johnson (Inggris) dan Curtis Osano (Kenya), memainkan garis pertahanan tinggi untuk menjauhkan lini serang lawan dari kotak penalti.

Hal ini tentunya akan menjadi ‘makanan empuk’ bagi lini serang Persipura. Umpan-umpan tarik sejak dari tengah akan bisa merepotkan lini pertahanan Bengaluru. Dengan kecepatan yang dimiliki para pemain Persipura rasanya Persipura bisa mencetak hingga tiga gol pada laga ini.

Untuk menangkal serangan Bengaluru, lini tengah Persipura wajib mematikan pergerakan dari Josh Walker. Alur serangan Bengaluru  akan selalu dimulai dari gelandang yang musim lalu bermain untuk kesebelasan divisi lima Inggris, Gateshead, ini.

Dengan Walker sebagai poros utama di tengah, salah satu keunggulan lain Bengaluru adalah penguasaan bola. Walker bisa mengatur tempo dan alur serangan dari tengah. Persipura tentu saja tak boleh membiarkan pemain bermain dengan bebas.



Tapi menilik performa pada laga sebelumnya, saat mengalahkan Warriors FC, untuk melakukan hal ini bukanlah hal yang sulit. Nelson Alom dan Immanuel Wanggai kala itu mampu mengunci permainan Thomas Beattie, gelandang asal Inggris yang menjadi pengatur serangan Warriors.

Maka dari itu, dengan skema yang tak jauh berbeda, rasanya Persipura akan mampu meraup poin penuh pada laga keduanya ini. Kehilangan empat pemain utama tentunya akan berdampak signifikan bagi permainan Bengaluru secara keseluruhan.

foto: ligaindonesia.co.id

Komentar