Prediksi Pertandingan Real Madrid vs Liverpool

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Prediksi Pertandingan Real Madrid vs Liverpool

Pilihan Taktik

Sedari awal, grup B ini sebenarnya bisa dianggap sebagai grup dengan dua tim yang hampir pasti sudah memastikan lolos, yaitu Real Madrid dan Liverpool.

Melawan Ludogorets dan Basel seharusnya membuat Liverpool bisa agak bersantai sebelum melawan Madrid dua pekan yang lalu. Jika Madrid adalah sebuah ujian, sesungguhnya Liverpool sudah dinyatakan tidak lulus dengan mengemas tiga poin saja dari dua pertandingan awal.

Kenyataannya, Real justru memuncaki klasemen dengan poin sempurna. Kemenangan dini hari nanti terntunya akan membuat mereka hampir pasti memastikan diri untuk lolos ke babak 16 besar.

Jadi, tidak akan mengejutkan jika Rodgers melakukan pendekatan serangan balik dini hari nanti. Ia bisa saja melakukannya dengan menjaga tekanan sepanjang waktu kemudian memberikan bola kepada pemain tengah (terutama jika Gerrard bermain) yang bisa melihat para pemain sayapnya memberikan ancaman melalui kecepatan.

Tekanan sepenuhnya berada pada Liverpool dengan bayang-bayang Liga Europa yang akan menyibukkan jadwal mereka ataupun posisi juru kunci yang selalu menghantui.

Ancelotti sendiri mengatakan, “Kehilangan (Luis) Suarez membuat mereka membutuhkan solusi lain. Tetapi saya tidak berpikir bahwa masalah utama mereka ada pada Balotelli. Rodgers masih harus menemukan sistem yang tepat untuk pemain-pemain barunya.” Demikian memang, Rodgers masih harus memutar otaknya.

Sementara Rodgers berdalih dengan pembenaran-pembenarannya berikut ini. “Pertandingan melawan Real Madrid ini adalah kesempatan yang sempurna untuk skuat (cadangan). Saya mempercayai mereka,” ujar pelatih asal Irlandia Utara tersebut.

Prediksi

Jika Anda percaya kepada pernyataan Rodgers di atas (mengenai prioritas pertandingan dini hari nanti dibandingkan melawan Chelsea di akhir pekan), tentunya Anda tidak akan membaca prediksi kami sampai sejauh ini.

Tetapi apapun motivasi Anda, kami tidak percaya kepada Rodgers, apalagi jika ia akan memainkan banyak pemain bertipikal menyerang.

Rodgers bisa menurunkan banyak pemain bertipikal bertahan untuk membuat papan skor sedekat mungkin dengan angka “0-0”. Tentunya ia tidak ingin pertahanannya terlalu terekspos seperti dua pekan lalu.

Semakin cepat Madrid mencetak gol pembuka, maka akan semakin tinggi pula permainan penuh risiko yang akan ditampilkan oleh Liverpool. Pertandingan ini berpotensi menjadi sangat seru jika hal ini terjadi, asal kemudian Liverpool tidak terlalu terbuka dan membiarkan gol demi gol bersarang ke gawangnya.

Komentar