Prediksi Pertandingan: Persib Bandung vs Arema Cronus

Analisis

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Prediksi Pertandingan: Persib Bandung vs Arema Cronus

Final kepagian? Bisa jadi. Persib maupun Arema adalah dua kekuatan besar di persaingan juara Liga Super 2014

Statistik permainan keduanya juga bersaing ketat untuk menunjukan siapa klub terbaik musim ini. Arema menjadi tim paling produktif di Liga Super dengan total 63 gol dari 26 laga yang dimainkan. Sementara Persib berada di posisi kedua dengan 53 gol dari jumlah laga yang sama. Artinya, rataan kedua tim minimal menghasilkan dua gol tiap pertandingan.

Meski terpaut jauh, bukan berarti Arema sedang di atas angin, pasalnya musim ini Singo Edan gagal menaklukan Maung Bandung. Kalah saat bertandang ke Jalak Harupat dan hanya mampu menahan imbang saat di Kanjuruhan.

Arema juga harus kehilangan Kurnia Meiga di sektor penjaga gawang, posisi yang sangat vital di laga seketat ini. Sedangkan Persib Bandung dipastikan tampil dalam kekuatan penuh, M. Ridwan serta Hariono juga sudah dalam kondisi bugar pasca absen karena urusan pribadi.

Kekuatan sayap akan menjadi keunggulan Persib dalam melakukan serangan. Pos tersebut juga yang menjadi kunci Persib bisa berjaya musim ini melawan Arema. Alfarizi yang menjaga sisi kiri akan dibuat kerepotan menghadapi duet Supardi – Ridwan di pos kanan Maung Bandung.

Singo Edan sepertinya tidak akan berani untuk menampilkan tiga penyerang andalan sekaligus. Mereka tentu tak ingin mengulangi kesalahan tersebut ketika pertandingan terakhir yang digelar di Malang. Karena lini tengah harus mereka kuasai penuh untuk meminimalisir pergerakan Konate dan mengurangi suplai bola ke sayap.

PR bagi pelatih Jajang Nurjaman adalah menemukan cara menghentikan Gustavo Lopez, cara yang paling mudah dengan menjauhkannya dari area sepertiga akhir. Duet dua gelandang bertahan sekaligus yakni Hariono dan Taufiq dapat menjadi opsi.

Sang arsitek juga harus rela mencadangkan Firman Utina atau menempatkannya di sayap. Tetapi jika melihat tren taktik yang dipakai Jajang Nurjaman, sepertinya sang kapten akan tetap bermain meski perannya akan lebih bertahan.

Pertandingan diprediksi akan berjalan ketat dengan terjadi hujan gol selama 90 menit. Arema dapat memenangi laga dan lolos ke final jika berhasil mencuri gol di awal laga. Syarat lainnya adalah membentuk pola pertahanan hingga akhir pertandingan, karena mencetak gol menjelang peluit wasit berbunyi adalah keunggulan Persib Bandung.

Lain halnya jika Maung Bandung mampu unggul terlebih dahulu. Sehingga siapa yang mencetak gol lebih dahulu punya peluang lebih besar untuk menjadi pemenang.

Namun Persib berada diurutan pertama untuk memenangi laga ini karena Arema akan bermain tanpa kapten sekaligus kiper utama mereka, Kurnia Meiga.

foto: ligaindonesia.co.id

Komentar