Prediksi Pertandingan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Prediksi Pertandingan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Menghadapi Persebaya Surabaya pada pertandingan keempat babak 8 besar Liga Super Indonesia, Persib Bandung bertekad meraih poin penuh. Raihan tiga poin pada laga ini akan memudahkan langkah tim berjuluk Maung Bandung ini untuk menggenggam tiket semi-final.

Ya, jika Persib berhasil menjungkalkan Persebaya sore ini (22/10), Persib hanya butuh satu hasil imbang kala menghadapi Mitra Kukar atau pun Pelita Bandung Raya. Satu poin tersebut sudah cukup untuk membuat Persib lolos ke babak semifinal.

Situasi kubu tim lawan yang sedang dilanda badai cedera tentunya bisa memudahkan skuat asuhan Jajang Nurjaman pada laga ini. Menurut beberapa sumber, beberapa pemain pilar pilar Persebaya diragukan tampil karena cedera.

Dalam deretan nama yang digosipkan cedera tersebut terdapat nama Greg Nwokolo, Dedi Kusnandar, Ricardo Salampessy, Alfin Tuasalamony, dan Fandi Eko. Nama-nama tersebut tentunya merupakan pemain-pemain yang selalu menghuni susunan pemain Persebaya sepanjang musim ini.

Namun hal itu tak membuat Jajang Nurjaman over confidence pada laga ini. Ia pun ragu cederanya pemain-pemain pilar Persebaya tersebut memang benar adanya. Karena pada pertemuan pertama, pelatih Persebaya, Rahmad Darmawan, sempat pula mengatakan bahwa tujuh pemain Persebaya tak akan tampil. Namun kenyataannya, tujuh pemain tersebut dimainkan RD.

Persib sendiri akan tampil dengan kekuatan terbaiknya. Pemain-pemain yang diisukan cedera, seperti M. Taufiq, Firman Utina, Djibril Coulibaly dan Hariono dinyatakan siap tampil. Namun hanya Taufiq dan Firman Utina yang dipilih untuk mengisi starting XI.

Untuk bisa memenangkan pertandingan, lini pertahanan Persib perlu menampilkan skema permainan yang seperti pertemuan pertama. Pada laga yang berlangsung di stadion Gelora Bung Tomo itu, Persib bertahan menggunakan delapan pemain. Atep dan Tantan yang bermain sebagai winger, ikut turun membantu pertahanan ketika mendapatan serangan.

Firman Utina pun perlu bermain sepert Agung Pribadi yang tampil cemerlang saat diduetkan dengan Taufiq. Duet Taufiq-Agung menjaga kedalaman di depan area kotak penalti dan hanya melakukan zona pressing tanpa ada upaya untuk merebut bola. Keduanya hanya menunggu momen yang tepat untuk melakukan intersep atau pun clearance.

Strategi ini cukup membuat Persebaya kesulitan menembus pertahanan Persib. Gol yang bersarang ke gawang Persib pun diakibatkan penurunan konsentrasi para pemainnya menjelang pertandingan terakhir. Golnya pun terlahir lewat gol bunuh diri dari Supardi Natsir.

Namun, dengan tipikal Firman yang lebih ofensif ketimbang Agung, tampaknya Taufiq akan bekerja lebih keras pada laga ini. Taufiq yang secara konsisten di tempatkan di depan centre-back, akan sendirian menjaga lini tengah. Sementara Firman akan bergiliran membantu lini penyerangan maupun lini pertahanan bersama Makan Konate.

Jika Dedi Kusnandar di kubu Arema kembali tak bermain. Tampaknya hal ini akan lebih memudahkan para pemain Persib untuk menguasai lini tengah.Maklum, Dedi Kusnandar merupakan sosok pentin g bagi skuat Persebaa Surabaya.

Soal prediksi sendiri, tampaknya Persib akan kembali mampu mendulang poin penuh pada laga yang akan berlangsung di stadion Jalak Harupat ini. Selain kondisi skuat Persib yang tengah dalam kepercayaan diri tinggi, bermain di hadapan bobotoh pun akan menjadi motivasi berlebih.

Persib

Komentar