Prediksi Pertandingan Liverpool vs Ludogorets

Analisis

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Football Analyst | Promising Sports Brand Strategist | Liverpool #YNWA

Prediksi Pertandingan Liverpool vs Ludogorets

Penantian panjang para pendukung Liverpool akhirnya usai. Tim kesayangan mereka kembali bermain di kasta tertinggi sepakbola Eropa, Liga Champions.  Liverpool akan menghadapi wakil Bulgaria, PFC Ludogorets Razgard.

Liverpool terakhir kali berlaga di Liga Champions musim 2009/2010 dan harus tersingkir pada fase grup. Dibutuhkan waktu 4 tahun bagi Liverpool untuk bisa kembali berlaga di Liga Champions. Liverpool yang sempat terpuruk dalam beberapa musim ini harus rela hanya berlaga di European League atau tidak berlaga sama sekali di kancah Eropa.

Menghadapi Ludogorets, di atas kertas Liverpool memang diunggulkan. Tidak banyak orang yang mengenal klub yang dalam dua tahun berturut-turut kemarin harus tersingkir dari Liga Champions pada babak kualifikasi. Dari segi pemain pun Liverpool memiliki kualitas pemain yang jauh lebih berpengalaman ketimbang Ludogorets.

Namun Liverpool juga tidak boleh begitu saja meremehkan wakil Bulgaria ini. Sejak diambil alih oleh pengusaha asal Bulgaria, Kiril Domuschiev, Ludogorets menjelma menjadi klub yang menguasai Liga Bulgaria. Mereka mendatangkan beberapa pemain asal Brasil untuk memainkan pola permainan modern yang atraktif.

Bahkan tahun lalu pun mereka sempat berbicara di Europa League. Beberapa klub besar Eropa sempat menjadi korban Ludogorets musim lalu seperti PSV Eindhoven dan Lazio. Maka dari itu, bukan tidak mungkin kali ini giliran Liverpool yang menjadi korban Lugorets.

Pada pertandingan pertama ini mereka harus kehilangan dua kiper utama mereka, Vladislav Stoyanov dan Ivan Cvorovic. Stoyanov masih menjalani hukuman kartu merah yang didapatnya saat laga melawan Steau Bucharest sedangkan Cvorovic masih dalam penyembuhan cedera. Dengan begitu mereka akan menggunakan kiper berusia 31 tahun, Georgi Argilashki.

Ludogorets kemungkinan akan memainkan formasi 4-2-3-1. Mereka memiliki dua pemain pada posisi poros ganda yang mampu mengendalikan permainan. Svetoslav Dyakov dan Fabio Espinho akan memainkan peran ini.

Dari tengah, Dyakov dan Espinho akan mengalirkan bola ke kedua penyerang sayap mereka, di kanan  ada pemain asal Bulgaria, Aleksandrov, serta dikiri ada pemain asal Belanda, Virgil Misidjan. Kedua pemain ini memiliki skill individu yang baik untuk menembus pertahanan lawan. Ludogorets juga masih memiliki satu pemain asal Spanyol yang bermain gemilang pada pertandingan terakhir di liga.

Namun tentu saja kinerja kedua poros ganda Ludogorets ini akan mendapatkan tantangan berat pada pertandingan ini. Mereka harus menghadapi tiga gelandang kelas dunia Liverpool yang juga sangat baik dalam mengendalikan permainan.

Liverpool kemungkinan akan memainkan formasi 4-3-1-2 dengan Gerrard, Coutinho, Henderson sebagai gelandang. Raheem Sterling sebagai gelandang serang akan membuka serangan bagi duet penyerang di depan. Rodgers memiliki pilihan antara menduetkan Balotelli dengan Rickie Lambert atau Fabio Borini.

Pada barisan pertahanan masih cederanya Martin Skrtel akan membuat Rogders menduetkan Lovren dan Sakho sebagai bek tengah. Sedangkan pada posisi bek sayap, dua pemain asal Spanyol, Moreno dan Manquillo, akan kembali mengisi posisi ini.

squad

Liverpool harus mampu mengantisipasi serangan sayap Ludogorets. Karena selain memiliki dua penyerang sayap yang memiliki skill individu yang baik, serangan sayap Ludogorets juga akan melibatkan kedua fullback mereka. Di kanan bek sayap asal Brasil, Junior Caicara, juga memiliki kemampuan individu yang tidak kalah hebat.

Namun hal ini juga bisa dimanfaatkan Liverpool untuk melakukan serangan balik cepat. Mereka terkenal dengan serangan baliknya yang mampu berbuah banyak pada musim lalu. Lubang yang terbuka saat Caicara maju menyerang seharusnya bisa dimanfaatkan Balotelli dan Raheem Sterling untuk menciptakan peluang dan mencetak gol.

Liverpool harus berkaca pada kekalahan mereka pekan lalu saat melawan Aston Villa. Permainan buruk yang mereka peragakan di laga tersebut tidak boleh terulang kembali jika mereka tidak mau mewarnai comeback ke Liga Champions dengan hasil buruk.

Melihat kekuatan yang dimiliki kedua tim, Liverpool seharusnya tidak mengalami kesulitan untuk meraih tiga angka dari pertandingan ini. Diperkirakan hasil akhir pertandingan 3-0 bagi Liverpool.

Komentar