8 Besar ISL Wilayah Barat: PBR atau Persija?

Analisis

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

8 Besar ISL Wilayah Barat: PBR atau Persija?

Enam klub telah memastikan diri lolos ke babak delapan besar Liga Indonesia musim ini. Grup barat diwakili oleh Arema, Persib, dan Semen Padang. Sementara Persebaya, Persipura, dan Mitra Kukar mewakili grup timur.

Persaingan untuk memperebutkan satu tempat di tiap grup begitu ketat. Di grup barat, Pelita Bandung Raya (PBR) dan Persija berjuang keras agar bisa tembus ke delapan besar. Di grup timur, persaingan lebih ketat lagi. Setidaknya ada empat tim yang masih berpeluang.

PBR atau Persija

Dari tabel kelasemen, secara poin PBR lebih unggul dengan 32 poin, satu poin lebih banyak ketimbang Persija. Keduanya sama-sama menyisakan satu pertandingan. PBR akan dijamu Persita sedangkan Persija akan menjamu Barito Putra. Berikut hitung-hitungan siapa yang akan lolos.

Karena unggul satu poin, terdapat tiga peluang bagi PBR untuk dapat lolos.


  1. Menang. Kemenangan atas Persita akan mengunci kesempatan mereka untuk bisa tampil di babak delapan besar. PBR akan mengumpulkan total 35 poin jika menang. Poin ini tentu saja tidak akan terkejar, apapun hasil yang diraih Persija.

  2. Seri. Hasil seri membuat PBR mengumpulkan 33 poin. PBR akan lolos, jika Persija tidak menang atas Barito.

  3. Kalah. Ya, meskipun kalah, PBR masih bisa lolos andai Persija pun kalah dari PBR.


Bagi Persija, nasib mereka sebenarnya ditentukan hasil PBR. Kemenangan sekalipun tidak akan berarti apa-apa jika PBR juga menang. Meskipun begitu, masih terdapat dua kemungkinan bagi Persija agar bisa lolos.

  1. Menang. Kemenangan menjadi hal mutlak bagi Persija. Mereka hanya bisa lolos, jika Persita berhasil menahan imbang ataupun mengalahkan PBR. Dari hasil ini Persija akan mengumpulkan 34 poin. Jika PBR seri, maka Macan Kemayoran akan unggul satu poin dan lolos ke babak delapan besar.

  2. Seri. Hasil seri masih akan membuat Persija lolos dengan catatan, PBR kalah dari Persita. Persija dan PBR sama-sama akan mengumpulkan 32 poin. Namun, Persija unggul dari selisih gol. Saat ini, Persija mencetak 24 gol dan kebobolan 14 gol, sedangkan PBR mencetak 27 gol dan kebobolan 20 gol. Persija punya selisih 10 gol, sedangkan PBR tujuh gol.


Analisis

Kemenangan menjadi harga mutlak bagi kedua tim. Namun, dilihat dari sudut manapun nasib Persija akan ditentukan oleh hasil yang diraih PBR.

PBR akan bertandang ke Stadion Singaperbangsa, Karawang. PBR sendiri tengah on fire setelah menang 2-1 atas Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang. Penyerang mereka, Bambang Pamungkas menyumbang dua gol untuk kemenangan The Boys.

Melihat penampilan Persita saat kalah 1-2 atas Persib, tampaknya bukan hal sulit bagi PBR untuk mengalahkan tim yang dipastikan terdegradasi tersebut. Terlebih, kondisi internal Persita yang tengah terguncang karena ditinggalkan pelatih Fabio Oliviera serta dirundung masalah finansial.

Hanya saja, tak ada waktu untuk berleha-leha bagi PBR. Boleh jadi karena sudah pasti degradasi maka Persita akan bermain lepas dan tanpa beban. Performa Persita saat melawan Persib tidak bisa dibilang buruk. Mereka sebenarnya berhak atas satu poin andai wasit jeli melihat bola tendangan Silvi Arvani sebenarnya sudah melewati garis gawang. Kelengahan Persib di laga itu tak boleh dilakukan oleh PBR karena ancamannya kelewat krusial: gagal lolos ke babak delapan besar.

Begitu halnya dengan Persija yang akan menjamu Barito Putra. Catatan kandang Persija tergolong bagus karena hanya satu kali kalah. Sementara itu, dari sembilan pertandingan tandang, Barito kalah enam kali. Tak ada kata lain selain menang. Seri apalagi kalah sudah pasti akan membuat Persija tak akan pernah menginjakkan kaki di babak delapan besar ISL 2014 ini.

Dari lima pertandingan terakhir, PBR menunjukkan tren positif. Mereka hanya satu kali kalah, satu kali seri, dan sisanya menang.

Kalah dari Semen Padang 1-2 di Stadion Haji Agus Salim, membuat motivasi pemain PBR terlecut. Mereka mampu menahan imbang Persija Jakarta di Gelora Bung Karno dengan skor 1-1. Tiga pertandingan selanjutnya mereka berturut-turut melumat Persik Kediri 3-2 di Si Jalak Harupat, Persijap Jepara 3-0, lalu mengandaskan perlawanan tuan rumah Sriwijaya FC dengan skor 1-2.

Sementara itu, hasil yang diraih Persija di lima pertandingan terakhir bisa disebut menurun. Mereka dikalahkan Sriwijaya FC 1-3 di Stadion Gelora Jakabaring. Mereka lalu menang besar atas Persita Tangerang 4-0. Mereka lantas hanya bisa bermain seri di kandang dengan Persib Bandung 0-0, dan PBR 1-1. Di pertandingan terakhir, mereka berhasil menahan imbang tuan rumah Semen Padang 0-0.

Kami memperkirakan PBR dan Persija sama-sama akan meraih kemenangan. Dengan hasil ini, PBR yang akan lolos ke babak delapan besar.

Komentar