Cara Bermain MPL Fantasy

Advetorial

by Evans Edgar Simon

Evans Edgar Simon

Death. Glory. Rock n Roll. Kontributor Pandit Football Indonesia.

Cara Bermain MPL Fantasy

Memahami permainan adalah salah satu kunci kesuksesan. Misalnya, ketika menghadapi Manchester United, tim yang menerapkan garis pertahanan blok rendah cenderung berpeluang lebih besar mendapatkan hasil positif.

Anda salah jika menganggap taktik tersebut berasal dari ketakutan lawan terhadap para pemain Man United. Justru, ini merupakan buah dari kemampuan mengidentifikasi kelemahan skuat asuhan Ole Gunnar Solksjaer.

Man United boleh jadi menciptakan 373 peluang dalam 25 pertandingan, menempatkan mereka sebagai yang tertinggi keempat di Premier League. Kendati demikian, tidak memiliki kreativitas yang mumpuni membuat mereka kesulitan menciptakan peluang dari dalam kotak penalti. Total, hanya 193 peluang diciptakan. Jumlah tersebut bahkan kalah dibanding Brighton & Hove Albion (208) dan Aston Villa (199).

Hal serupa harus diterapkan jika Anda ingin menjadi manajer dalam permainan fantasy sport, termasuk Mobile Premier League (MPL) Fantasy. Ini bukan hanya tentang memahami statistik di atas lapangan, melainkan juga mekanisme-mekanisme dasar yang perlu dimengerti sebelum mulai bermain MPL.

Pertama-tama, MPL dapat didownload melalui link berikut ini. Kemudian, install aplikasi tersebut di handphone Anda dan lakukan registrasi. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman beranda Mobile Premier League. Terdapat beberapa pilihan game di dalam aplikasi ini yang bisa Anda mainkan.

Pilih Fantasy Football untuk bermain Mobile Premier League Fantasy. MPL menyediakan ruang bagi para manajer untuk memilih pertandingan yang ingin diikuti. Artinya, Anda tidak perlu memperhatikan semua pertandingan yang sedang berlangsung, cukup perhatikan pertandingan yang ingin Anda mainkan saja.

Setelah memilih pertandingan, selanjutnya Anda dapat memilih jenis kontes, Golden Goal dan Goal Kick. Jenis kontes ini menentukan seberapa besar diamond yang dapat Anda menangkan. Untuk bisa masuk ke kontes dengan hadiah diamond lebih besar tentu membutuhkan modal diamond yang besar pula. Pilihlah kemampuan sesuai dengan kemampuan Anda. Kontes Goal Kick bisa menjadi pilihan jika Anda baru memulai bermain MPL Fantasy. Dengan modal diamond yang tidak terlalu besar, 88 dari 150 peserta yang mendaftar ke kontes ini akan menjadi pemenang dan mendapat diamond.

Untuk beberapa kontes, Anda dapat memasukan beberap tim dengan susunan pemain yang berbeda-beda. Jika Anda yakin dengan susunan pemain Anda, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan lebih dari 1 tim ke dalam 1 kontes.

Kontes yang dapat diikuti tidak terbatas pada Goal Kick saja. Pertandingan-pertandingan terpilih akan masuk ke dalam event khusus, di mana sembilan dari 10 manajer yang mengikuti kontes terhitung sebagai pemenang.

Tentunya, manajer tidak boleh lupa terhadap jumlah diamond yang dimiliki. Diamond merupakan tiket masuk kontes sekaligus hadiah dalam MPL. Setiap manajer harus dapat mengkalkukasi secara seksama agar dapat terus beraksi dan beradu taktik di MPL.

Setelah memilih kontes, Anda kemudian akan menyusun tim yang akan didaftarkan ke kontes tersebut. Anda diberikat kredit sejumlah 100 yang harus Anda gunakan untuk memilih 11 pemain dalam tim Anda. Pemain yang harus dipilih adalah 1 orang penjaga gawang, 3-5 pemain bertahan, 3-5 gelandang, dan 1-3 pemain penyerang.

Dengan opsi itu, Anda terdapat beberapa opsi formasi seperti 3-5-2, 3-4-3, 4-4-2, 4-3-3, 4-5-1, dan 5-4-1. Jika menurut Anda pertandingan akan berakhir dengan hujan gol, maka mungkin ada baiknya Anda menggunakan formasi dengan banyak penyerang. Sebaliknya, jika menurut Anda pertandingan akan berakhir imbang tanpa gol, tidak ada salahnya memasng 5 pemain bertahan dalam tim Anda.

Perhatikan harga masing-masing pemain yang Anda pilih. Jangan sampai tim yang Anda pilih melebihi total kredit yang Anda punya. Anda juga hanya bisa paling banyak memilih 7 pemain dari salah satu tim. Jadi kalau Anda sudah memilih 7 pemain dari tim tuan rumah, maka Anda harus memilih 4 pemain lainnya dari tim tamu.

Di sini lah kemampuan manajer Anda dalam memilih pemain akan diuji.

Satu hal yang harus Anda ketahui saat memilih pemain adalah sistem poin yang ditetapkan dalam permainan ini. MPL Fantasy memiliki rincian sistem poin untuk waktu bermain, menyerang, pertahanan, dan lain-lain (kartu kuning, kartu merang, gagal penalti, dan bunuh diri).

Jangan lupa untuk dengan cermat memilih pemain yang akan menjadi kapten dan wakil kapten. Poin yang didapatkan kapten bernilai dua kali lipat. Adapun poin wakil kapten bernilai satu setengah kali lipat.

Patut diingat, seluruh perhitungan poin di atas tetap berlaku jika pertandingan berlanjut ke babak tambahan, tetapi tidak akan ada penambahan poin dalam babak adu penalti.

Kedua, jangan pernah remehkan kemampuan seorang pemain. MPL tidak hanya menghitung gol, asis, nirbobol, dan menit bermain sebagai poin. MPL turut menghitung jumlah operan sukses, tendangan tepat sasaran, hingga tekel sukses.

Sebagai contoh, kita bisa melihat bek Man United, Aaron Wan-Bissaka. Ia memang hanya menyumbang satu asis sejauh ini, namun rataan tekel suksesnya mencapai angka empat per pertandingan. Hal itu akan ikut terhitung sebagai poin di MPL.

Kasus serupa dapat diaplikasikan pada penyerang Manchester City, Gabriel Jesus. Jumlah golnya boleh terbilang sedikit (9 gol) dalam 21 pertandingan. Tetapi, di MPL, rataan 1,5 tendangan ke arah gawang per laga tidak akan sia-sia.

Adapun lini belakang Liverpool, juga mendapatkan keuntungan besar selain dari nirbobol. Kita tahu, skuat asuhan Juergen Klopp gemar membangun serangan dari belakang. Di MPL, Virgil van Dijk akan mendapat begitu banyak poin mengingat Ia merupakan pemain dengan jumlah operan sukses tertinggi (1820) di Premier League.

Tidak ada permainan seru yang tidak menyediakan hadiah. Di MPL, para manajer dapat menukar Diamond yang dimenangi menjadi saldo Gopay. Cukup dengan membuka `Saku` dan pilih opsi `Tarik`, manajer bisa mendapatkan saldo Gopay hingga Rp 20.000.000 setiap bulannya!

Download Mobile Premier League

Komentar