Timnas U-19 Berada di Grup Neraka

Berita

by redaksi

Timnas U-19 Berada di Grup Neraka

Timnas Indonesia U-19 berada di grup yang cukup sulit pada AFC Cup U-19 yang akan digelar di Myanmar 9-23 Oktober nanti. Tergabung dalam grup B, Indonesia berada satu grup dengan Australia, Uzbekistan dan Uni Emirates Arab.

Boleh dikata Indonesia berada di grup neraka. Mengingat Australia dan Uzbekistan adalah semifinalis pada AFC Cup U-19 empat tahun sebelumnya. Pada ajang AFC Cup U-19 2012 Australia gagal lolos ke final karena ditekuk Iraq, sedangkan Uzbekistan dikalahkan Korea Selatan 2-3. Di tahun itu, dalam fase grup Australia dan Uzbekistan sama-sama menjadi pemuncak klasemen.

Catatan menarik dari tim Australia U-19. Sepanjang mengikuti AFC Cup U-19 sejak 2006, Australia selalu lolos dari fase grup. Dan selama 3 kali berturut sejak 2008 Australia selalu mampu lolos ke babak semifinal. Pada tahun 2010, mereka malah lolos ke babak final, namun kalah dari 3-2 Korea Utara di partai puncak.

Hal serupa dialami oleh Uzbekistan. Dalam tiga penyelengaraan terakhir AFC Cup U-19, Uzbekistan selalu mampu lolos ke semifinal. Pada tahun 2008 malah mereka mampu lolos ke babak final guna menantang Uni Emirates Arab.

Ya betul, Uni Emirates Arab adalah lawan kita lainnya di grup B. Meski sempat dikalahkan dua kali oleh Timnas U-19 saat laga ujicoba beberapa minggu lalu, tapi setidaknya Uni Emirates Arab adalah kekuatan yang jangan dipandang sebelah mata. Tim ini menjuarai turnamen AFC Cup U-19 di tahun 2008. Jika melihat statistik terakhir ketiga pesaing kita di grup ini, maka tak ayal grup ini layak disebut sebagai salah satu grup neraka.


Komentar