Takhayul Argentina dan Kecurangan Maradona

Cerita

by redaksi

Takhayul Argentina dan Kecurangan Maradona

Pada babak 16 besar Piala Dunia 1990 di Italia, final dini harus mempertemukan rival abadi Amerika Selatan, Brasil versus Argentina. Sebagai seseorang yang amat percaya pada takhayul pelatih Argentina Carlos Bilardo meminta permintaan khusus pada seluruh angoota timnya.

Demi mendapatkan keberuntungan, Billardo mengajak semua anggota tim untung menghadiri pesta pernikahan yang diadakan di hotel tempat mereka menginap. Bak seperti ketiban durian runtuh hadirin dan pasangan yang menikah itupun kaget bukan main.

Sikap takhayul Billardo ini tenyata membawa berkah, Argentina yang sebenarnya tampil pincang karena Maradona tak fit toh mampu menghempaskan Brasil dengan skor tipis 1-0.

Penampilan Maradona yang dari melempem jadi trengginas ditengarai berkat air suci yang Billardo berikan pada Maradona saat dia menepi untuk mendapatkan perawatan medis.

Tak hanya itu saja beredar kabar juga bahwa tim Argentina sengaja memberikan air guna-guna kepada Brasil agar mereka lengah dan linglung. Hal ini diakui oleh bek Brasil Claudio Branco yang merasa pusing-pusing setelah mendapat air minum yang disodorkan Maradona.

Kejadian ini diakui oleh Maradona sendiri. Ia berujar bahwa staff kepelatihan Argentina telah mencampur air guna-guna dalam air mineral dan Maradona diintruksikan memberi air tersebut kepada Branco. Tentu saja ucapan Maradona ini membuat berang. Federasi sepakbola Argentina dan Billardo sendiri membantah bahwa timnya berlaku curang.

Publik Argentina menyikapi santai apa yang diucapkan Maradona. Toh meski sering dianggap sebagai anak tuhan, pengaruh obat-obatan membuat ia sering meracau tak jelas.

(wam)

Komentar