Jesse Carver : Pelatih Inggris Tersukses di Italia

Cerita

by redaksi

Jesse Carver : Pelatih Inggris Tersukses di Italia

Siapa manajer Inggris terhebat yang pernah jaya di Italia? mungkin ada akan sedikit berfikir keras. Jangankan jaya di Italia, pelatih Inggris yang pernah mencicipi sepakbola Italia pun paling hitungan jari.

Ada yang mengenal sosok Jesse Carver? sungguh terlalu, jika gans Juventus tak mengenal dirinya. Tanpa Jesse Carver Juventus mungkin tak akan sebesar seperti sekarang. Carver adalah pelatih Inggris pertama yang membawa Juventus meraih Scudeto pada musim kompetisi 1949/50.

Selama empat musim sebelumnya Juventus berada di bawah bayang-bayang Torino yang menjuarai Liga Italia empat musim berturut-turut. Pemilik Juventus kala itu Gianni Agnelli mulai mencari pelatih baru di London. oleh presiden FA Stnley Rous. Agnelli direkomendasikan untuk merekrut Jesse Carver.

Hanya butuh semusim penggemar Liverpool ini membawa Juventus meraih Scudeto sejak puasa gelar dari tahun 1935. Sayangnya kiprah Carver di Juventus hanya berlangsung 2 musim, setelah sebagian pengelola klub memutuskan memberhentikannya.

Pemecatan ini sendiri sebenarnya ditentang oleh Agnelli. Hanya saja akibat keceplosan dan terjebak pertanyaan wartawan La Gazzeta , Carverpun mengeluarkan keputusan yang kontroversial. Secara tegas mengatakan bahwa para jajara petinggi Juve adalah sosok yang korup dan rakus. Benar saja, keesokan harinya usai berita itu terbit Carver harus mengucapkan sayonara pada Juventus.

Sempat pulang ke Inggris beberapa tahun, Carver memutuskn kembali lagi melatih di Italia. Tercatat AS Roma, Torino, Lazio, Genoa dan Inter Milan pernah merasakan jasanya. Berbagai macam gelar telah ia rasakan bersama klub-klub Italia mulai dari scudetto, Coppa Italia hingga kejuaraan Eropa. Karena itu tak salah jika kita menyebut Carver sebagai Pelatih Inggris tersukses di Italia.

(wam)

Komentar