[Preview] Liverpool vs Manchester City

Berita

by redaksi

[Preview] Liverpool vs Manchester City

Gameweek ke 34 (13/04) menyajikan partai panas antara dua tim yang sedang memperebutkan gelar juara Liga Inggris musim 2013-2014. Liverpool yang sedang memimpin klasemen akan menjamu Manchester City yang berada di peringkat ketiga sementara. Pertandingan ini juga dapat dikatakan sebagai pertandingan penentuan, mengingat 2 tim inilah yang saat ini memiliki peluang paling besar untuk juara.

Liverpool yang bermain di kandang harus bermain tanpa sang wakil kapten, Daniel Agger. Dengan begitu diperkirakan Mamadou Sakho dipasang untuk mendampingi Martin Skrtel di posisi bek tengah. Sedangkan untuk pemain lainnya, hanya bek kiri Jose Enrique yang tidak bisa tampil karena cedera. Selain Agger dan Enrique, semua pemain Liverpool siap tampil melawan Menchester City.

Sedangkan di kubu tim tamu, sang pelatih Manuel Pellegrini masih harus menunggu kabar terakhir dari ketiga pilar utamanya yakni Vincent Kompany, Sergio Aguero, dan Yaya Toure. Ketiga pemain kunci City tersebut baru saja sembuh dari cedera dan belum dapat diketahui kondisi terkininya. Beberapa kabar menyatakan Aguero siap tampil, namun semuanya masih bergantung keputusan tim dokter.

Kedua tim sama-sama sedang on fire saat ini. Liverpool masih belum terkalahkan di Liga Inggris setelah memasuki tahun 2014. Sedangkan City berhasil meraih 9 kemenangan dari 12 pertandingannya di tahun 2014 ini. Liverpool dan City juga menjadi dua tim paling produktif di Liga Inggris musim ini. Liverpool memimpin dengan berhasil mencetak 90 gol sedangkan City 84 gol.

Yang menarik akan menarik untuk ditunggu dari pertandingan ini adalah duel lini tengah kedua tim. Baik Liverpool maupun City sama-sama mengandalkan serangan dari tengah melalui umpan-umpan pendek. Bola-bola panjang bukan merupakan permainan yang disukai oleh kedua tim. Liverpool dan City sama-sama memiliki catatan Aerial Duel per Game yang rendah. Dari semua tim Liga Inggris, Liverpool berada di peringkat 17 dengan 14,9 kali per pertandingan, sedangkan City hanya berada 2 tingkat lebih baik dengan 15,1 kali per pertandingan.

Liverpool diperkirakan masih akan mengandalkan umpan-umpan terobosannya yang sejauh ini ampuh untuk membongkar pertahanan lawan. Liverpool menjadi tim Liga Inggris yang mencatatkan umpan terobosan per pertandingan terbanyak dengan 5 kali dalam satu pertandingan. Dengan hadirnya duet striker andalan mereka, Luis Suarez dan Daniel Sturridge, tentu barisan pertahanan City tidak boleh lengah sepanjang pertandingan.

Sedangkan Liverpool harus waspada pada tendangan jarak jauh para pemain City. Dari hasil pertandingan-pertandingan sebelumnya, Liverpool tercatat lemah dalam menghalau tendangan jarak jauh. Sedangkan pada pihak City terctatat 33% dari total tendangan menuju gawang  lawan yang mereka lakukan dilakukan di luar area penalti.

Diperkirakan pertandingan ini akan menghasilkan banyak gol. Selain karena catatan sebagai dua tim paling produktif musim ini, kedua tim juga merupakan tim yang paling banyak menghasilkan shot on target per pertandingan paling banyak. Liverpool tercatat melakukan 6,4 shot on target per pertandingan sedangkan City tercatatat melakukan 6,3 shot on target per pertandingan. Maka dari itu, dipastikan bahwa kedua kiper akan sibuk pada pertandingan ini.

Tanpa mempedulikan apapun tim yang kita dukung, sepertinya sebagian besar pecinta Liga Inggris setuju bahwa kedua tim inilah yang memiliki performa paling baik di musim ini. Maka dari itu, sudah seharusnya pertandingan ini merupakan pertandingan yang sangat dinantikan oleh banyak kalangan. Karena siapapun yang menang, secara tidak langsung mereka sudah melangkahkan satu kaki pada tangga juara Liga Inggris tahun ini.

Komentar