[Preview] Chelsea vs PSG

Berita

by redaksi

[Preview] Chelsea vs PSG

Jose Mourinho harus menjalani tugas berat dinihari nanti (09/04). Mourinho harus dapat membuat timnya mencetak minimal 2 gol agar dapat membawa Chelsea lolos ke semi final Liga Champions Eropa. Pada pertemuan pertama, Chlesea harus mengakui keunggulan PSG 3-1 saat berkunjung ke Paris.

Mourinho masih harus menghadapi permasalahan yang dia sebutkan minggu lalu sebelum pertandingan melawan PSG dimulai, yaitu tidak adanya penyerang Chelsea yang cukup tajam untuk mengancam gawang lawan. Samuel Eto'o yang merupakan striker tersubur yang dimiliki Chelsea musim ini masih diragukan untuk dapat tampil pada pertandingan melawan PSG. Eto'o mengalami cedera hamstring dan masih menjalani perawatan minggu ini.

Pada pertandingan tandang di Paris minggu lalu, Mourinho menempatkan salah satu gelandangnya, Andrea Schurrle, pada posisi paling depan. Namun lagi-lagi masalah datang, Andrea Schurrle pun harus mengalami cedera pasca pertandingan melawan Stoke akhir pekan lalu. Kini pilihan Mourinho hanya ada Fernando Torres atau Demba Ba. Torres pernah menjadi starter sebanyak 15 kali pada musim ini dan baru mencetak 4 gol, sedangkan Ba hanya pernah menjadi starter 2 kali dengan raihan 3 gol.

Selain pada sektor penyerang, masalah Mourinho juga terdapat pada posisi gelandang. Ramires yang pada pekan lalu menjadi starter, menerima akumulasi kartu kuning sehingga pemain asal Brazil ini tidak boleh tampil di Stamford Bridge nanti malam. Beruntungnya, pada posisi ini Mourinho memiliki banyak stok pemain dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Frank Lampard diperkirakan akan menjadi pilihan Mourinho menggantikan Ramires.

Sedangkan di kubu PSG, striker andalan mereka, Zlatan Ibrahimovic juga tidak bisa diturunkan pada pertandingan nanti malam. Striker asal Swedia ini mengalami cedera pada pertandingan pekan lalu. Striker muda asal Brazil, Lucas Moura, dapat menjadi pilihan Laurent Blanc untuk menggantikan Ibrahimovic. Selain Ibrahimovic, semua pemain yang dimiliki Blanc siap untuk tampil.

Dari segi taktik, Mourinho tidak punya pilihan lain untuk bermain lebih menyerang. Ditambah tidak adanya Zlatan sebagai penyerang paling berbahaya dari PSG, seharusnya dapat membuat Mourinho bisa lebih berani untuk bermain terbuka. Mourinho juga seharusnya akan memasang 2 pemain poros ganda bertipe lebih menyerang ketimbang pada pertandingan pertama. Pekan lalu Mourino menempatkan David Luiz dan Ramires untuk menahan para gelandang serang dari PSG.

Pada leg kedua ini, Frank Lampard sepertinya akan menjadi pilihan utama untuk mengisi posisi poros ganda. Nemanja Matic sebenarnya akan menjadi pasangan yang tepat bagi Lampard, namun sayangnya Matic tidak dapat diturunkan karena sudah pernah membela klub sebelumnya di Liga Champions. Dengan begitu, mungkin David Luiz yang kembali akan diturunkan dengan tugas yang lebih menyerang dibandingkan minggu lalu. Ditambah bantuan serangan dari 2 fullback yang juga aktif menyerang, Chelsea sepertinya akan semakin lebih menyerang malam ini.

Sedangkan PSG sendiri akan lebih bermain aman mempertahankan keunggulannya. Thiago Motta, matuidi, dan Varratti akan bermain rapat ditengah untuk membendung serangan para gelandang Chelsea. Van der Wiel yang sudah kembali setelah minggu lalu cedera akan ditugaskan untuk menetralisir bahaya dari Eden Hazard di sisi kanan PSG. Di depan, PSG dapat berharap dari trio penyerangnya yang memiliki kecepatan, Lucas Moura, Cavani, dan Lavezzi.

Mourinho akan habis-habisan mempertaruhkan nama baiknya untuk meraih kemenangan dan tiket ke semifinal Liga Champions musim ini. Namun Blanc juga tentu tidak mau begitu saja membuat Mourinho dapat bermulut besar setelah pertandingan. Akan ada kepuasan tersendiri ketika dia berhasil membungkam Mourinho yang yang sudah mengkritik Liga Perancis sebelum pertandingan minggu lalu.

(Abi)

Komentar