Mengenal Awal Mula Aturan Backpass Dalam Sepakbola

Cerita

by redaksi

Mengenal Awal Mula Aturan Backpass Dalam Sepakbola

Kala itu Irlandia berjumpa dengan Mesir pada Piala Dunia 1990, menjelang peluit akhir skor masih tetap imbang 0-0. Laga itu menuai kritikan terutama pada kiper Irlandia Packie Bowner. Bagaimana tidak jelang pertandingan usai hampir enam menit lamanya Packie memainkan bola di areanya sendiri. Saat striker Mesir mendekat ia langsung menangkap bolanya.

Kejadian inilah yang menginspirasi petinggi FIFA untuk merubah aturan terkait backpass. penampilan Bowner ini merupakan kulminasi dari kejenuhan publik atas rataan gol di Piala dunia 1990 yang hanya 2,21 gol per pertandingan - sebuah catatan buruk rataan gol paling kecil sepanjang sejarah Piala Dunia digelar.

Akhirnya mulai musim 1992-1993 kiper dilarang menangkap bola yang secara sengaja dioper oleh rekan mereka sendiri. Kiper juga tak boleh menangkap bola yang sudah mereka taruh di lapangan. Jika mereka langgar, maka lawan berhak mendapatkan tendangan bebas.

Michael Platini yang kini menjadi Presiden UEFA mengakui bahwa aturan itu adalah idenya. Tapi ternyata dia salah, adalah Azeglio Vicini - pelatih Italia yang mengusulkan ide itu pada UEFA. Ide itu bahkan sudah diusulkan Vicini sejak akhir dekade 1980-an.

(wam)

Komentar