Mantan Pemain Arsenal Diklaim Sebarkan Ajakan Jihad

Berita

by redaksi

Mantan Pemain Arsenal Diklaim Sebarkan Ajakan Jihad

Sebuah video ajakan jihad diunggah dan menampilkan seorang yang diklaim mantan pemain Arsenal. Klub English Premier League ini mengaku akan melacak kebenarannya.

Dari video yang diunggah di YouTube tersebut memang tak ada kalimat bahwa ia merupakan mantan pemain Arsenal. Namun dari situs FiSyiria.com yang menampilkannya pertama kali mengklaim kalau pria bernama Abu Isa Al Andalusia ini berasal dari Portugal. Ia bahkan tumbuh bersama dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

[video id="_S8GiohExSI" site="youtube"][/video]

"Ia tumbuh bersama Ronaldo, bermain untuk Arsenal, dan kemudian meninggalkan sepak bola, uang dan gaya hidup Eropanya untuk hidup di jalan Allah sejak dua tahun terakhir," tutur situs tersebut.

Sebuah badan peneliti teroris The Middle East Media Research Institute, membenarkan keberadaan situs tersebut. Namun mereka tidak bisa membuktikan siapakah nama asli Abu Isa dan jejak karirnya di dunia sepak bola.

"Situs itu jelas disuport oleh ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Aktivitas jihad yang ada di balik website itu kebanyakan dari orang Syiria itu sendiri," bunyi pernyataan badan peneliti yang bekerja sama dengan Amerika Serikat itu.

Menanggapi hal ini, Arsenal mengaku akan bergerak melakukan penyelidikan. Meski mereka membantah kalau pemain itu pernah bermain di tim asuhan Arsene Wenger. "Kami tidak mengenali pemain dalam video yang ditampilkan tersebut. Kami juga tidak pernah memiliki rekam jejak terkait Abu Isa al-Andalusi dalam berbagai level tim klub," ujar juru bicara Arsenal.

(sum)

Komentar