Sepuluh Anjuran Sebelum Mewawancarai Louis van Gaal

Berita

by redaksi

Sepuluh Anjuran Sebelum Mewawancarai Louis van Gaal

Jurnalis nrc.nl, Peter Zantingh, memberikan beberapa saran bagi para jurnalis Inggris sebelum mewawancarai Manajer Manchester United, Louis van Gaal. Peter memaparkan, van Gaal adalah orang yang sulit ditebak. Untuk menghindari “kesalahan fatal”, ia meminta para jurnalis untuk mengikuti sepuluh anjurannya berikut ini.


  1. Siap terhadap kondisi mood apapun. Sulit untuk menyimpulkan kondisi hati van Gaal. Anda tidak bisa menebaknya secara langsung meskipun klubnya menang. Sekali saja Anda salah bertanya, maka ia akan segera pergi.

  2. Mulailah dengan hal-hal yang netral. Mulailah dengan pertanyaan, “Bagaimana penampilan klub Anda?” atau “Apa yang Anda pikirkan?”. Jangan pernah mengeluarkan pertanyaan bertendensi seperti “Kamu pasti sangat kecewa”, jangan. Pandanganmu terhadap pertandingan, akan berbeda dengan apa yang ia lihat.

  3. Jangan memperkenalkan diri. Dia bisa tahu nama Anda, ini akan menjadi bumerang bagi Anda. Sekali dia membenci Anda, maka selamanya ia akan menghindar.

  4. Selalu dalam topik. Jika topik awal adalah tentang pertandingan, jangan mengubahnya menjadi pertandingan selanjutnya, atau rumor perpindahan pemain.

  5. Persiapkan “Bahasa van Gaal”. van Gaal biasanya menambahkan frase baru ke dalam kamus Anda. Ketika van Gaal berbicara bahasa Anda, itu bukan lagi bahasa Anda, tapi Bahasa van Gaal.

  6. Jangan melakukan “meta-interview”. Jika Anda melakukan ini, van Gaal malah akan mengajukan pertanyaan tentang pertanyaan Anda. Jika ini terjadi, segeralah pulang ke kantor. Atau Anda akan dipermalukan dan masuk Youtube!

  7. Jangan mengulang pertanyaan. Ketika Anda ingin menipunya dengan pertanyaan yang sama, selalu berpikirlah bahwa ia lebih pintar dari Anda. Selanjutnya, ia hanya akan bilang: “Bukankah sudah kukatakan padamu?”

  8. Tetap fokus dan waspada. Terkadang, van Gaal mengeluarkan candaan-candaan. Tapi ia melakukannya dengan wajah yang datar. Bersiap-siaplah untuk itu.

  9. Bedakan antara opini dan fakta. Sulit untuk membedakan mana opini dan mana fakta. Semua fakta yang kamu ucapkan adalah opini baginya, bukan fakta.

  10. Selalu wawancara di bawah tiga menit. Selesaikan sesuai dengan kepentingan Anda. Karena di atas tiga menit, wawancara akan kesana kemari.


Jurnalis Inggris sudah seharusnya berterimakasih pada Peter. Seperti yang diketahui, Louis van Gaal bukanlah orang yang terlampau ramah terhadap wartawan. Jika ada hal yang tidak disukai, ia akan pergi. Ini akan menjadi kerugian karena wartawan tidak bisa membawa pulang berita.

Sumber gambar: dailymail.co.uk

[fva]

Komentar