Uruguay Terancam Gagal Tampil di Piala Dunia 2014?

Berita

by redaksi

Uruguay Terancam Gagal Tampil di Piala Dunia 2014?

Seluruh jajaran dewan pengurus Asosiasi Sepakbola Uruguay (AUF) resmi mengundurkan diri menyusul terjadinya kericuhan pada sepakbola Uruguay. Keputusan ini diambil 31 Maret l 2014 dan dikonfirmasi melalui surat yang diunggah di halaman situs AUF.

Awal mula kasus ini adalah pada pertandingan Copa Libertadores antara salah satu klub besar Uruguay, Nacional, melawan klub asal Argentina, Newell Old Boys, Rabu (29/3) lalu. Kala itu, terjadi keributan yang berujung aksi tindak kekerasan suporter pada polisi. Akibatnya 40 polisi pun dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Melihat hal itu, presiden Uruguay, Jose Mujica, lalu membuat keputusan untuk menarik pihak keamanan dari laga-laga yang akan diselenggarakan di dua stadion tim Nacional dan Penarol. Ini lalu berbuntut pada penundaan 3 pertandingan di liga lokal Uruguay. Pasalnya, asosiasi pemain pun mengeluarkan larangan bertanding bagi para pesepakbola, jika laga berlangsung tanpa pengamanan polisi.

Kekisruhan ini lah yang mendorong jajaran pengurus AUF untuk mengundurkan diri. "Aksi-aksi yang terjadi belakangan ini menandakan bahwa pengurus mesti mundur dan membiarkan kekuatan politik yang lain untuk mengatur sepakbola kita," dituliskan presiden AUF dalam surat pengunduran diri tersebut.

Isu ini lalu berkembang ke arah lain, yaitu tentang keikutsertaan timnas Uruguay pada Piala Dunia 2014. Surat kabar Uruguay, El Pais dan El Observador, menyebutkan bahwa FIFA bisa saja menerjemahkan aksi pemerintah Uruguay itu sebagai bagian dari campur tangan terhadap sepakbola. Padahal, intervensi pemerintah adalah salah satu hal yang dilarang oleh FIFA. Jika terbukti melanggar, maka sanksi larangan untuk mengikuti kompetisi FIFA siap menanti.

Tapi tidak semua pihak berkomentar pesimistis. Menurut Eugenio Figueredo, Presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL): "Ketika pemerintah melakukan intervensi, sebuah asosiasi nasional dapat dibekukan (oleh FIFA). Tapi, saya tidak punya bukti pemerintah berperan dalam keputusan tersebut"

Uruguay sendiri pada Piala Dunia 2014 tergabung dalam grup D bersama Inggris, Italia, dan Kosta Rika.

(amp)

Komentar