Latih Barca, Luis Enrique Penerus Tiki Taka Barcelona!

Berita

by redaksi

Latih Barca, Luis Enrique Penerus Tiki Taka Barcelona!

Teka-teki siapa pelatih Barcelona untuk musim depan terjawab sudah. Barca secara resmi mengumumkan Luis Enrique akan menangani L'equipe Blaugrana untuk dua musim ke depan.

Pelatih 44 tahun ini mengisi kekosongan kursi kepelatihan Barca setelah beberapa waktu lalu, pelatih sebelumnya, Tata Martino, mengundurkan diri. Tata Martino yang menjadi suksesor Tito Villanova merasa gagal setelah pada musim ini Barca tak meraih satupun gelar.

Luis Enrique tentulah bukan nama asing bagi tim yang bermarkas di Nou Camp ini. Saat menjadi pemain, pelatih kelahiran Gijon, 8 Mei 1970 ini pernah membela Barca untuk rentang waktu 1996-2004. Enrique yang juga menjadi kapten Barca saat itu telah menyumbang 2 gelar La Liga, Satu Copa Del Rey, dan satu Piala Winners (sekarang Piala Super Eropa) selama 8 musim membela tim.

Karir kepelatihan Enrique sendiri dimulai ketika menggantikan posisi Pep Guardiola di Barcelona B. Tiga musim menangani Barca muda, pelatih bernama lengkap Luis Enrique Martinez Garcia ini hijrah ke Italia untuk menangani tim ibu kota, AS Roma. Namun karirnya di Italia tak begitu mulus. Semusim disana, Ia pun kembali ke Spanyol untuk menjadi arsitek Celta Vigo pada musim lalu.

Lantaran pernah membela Barca, Enrique jelas sudah paham dengan filosofi permainan Barca. Ini terlihat ketika ia memimpin AS Roma dan Celta Vigo. Kedua mantan timnya ini bermain possession football dengan formasi 4-3-3 . Inilah yang kemudian membuat Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, merasa bahwa Enrique memang orang yang tepat untuk menukangi Barca.

(ar)

Komentar