Pengusaha Kaya Asal Singapura Resmi Beli Valencia FC

Berita

by redaksi

Pengusaha Kaya Asal Singapura Resmi Beli Valencia FC

Peter Lim, pengusaha kaya asal Singapura, pada 18 Mei 2014 memenangkan bidding penjualan salah satu klub Spanyol, Valencia FC. Ia mendapatkan suara mutlak dari seluruh direksi Valencia yang beranggotakan 22 orang. Dalam proses tersebut, Lim mengalahkan empat pengusaha lainnya, termasuk salah satu orang terkaya di Republik Rakyat Tiongkok, Wang Jianlin.

Dalam proposal yang diajukannya, Lim berjanji akan menghapuskan hutang klub sebesar 300 juta euro, menyokong pembangunan stadion baru Valencia, serta menyediakan dana kurang lebih 50 juta euro untuk membeli pemain-pemain baru.

Lim sendiri bukan orang asing dalam sepakbola. Pada 2010 ia coba membeli Liverpool Football Club dari tangan Tom Hicks dan George Gillett (pemilik LFC kala itu) dan beberapa waktu lalu dikabarkan sedang bernegosiasi dengan Barbara Berlusconi untuk membeli mayoritas saham AC Milan. Tahun lalu, pengusaha terkaya No 10 di Singapura itu juga coba membeli Valencia, namun terhadang beberapa rintangan. Fans Manchester United itu juga memiliki beberapa bar bertemakan MU yang tersebar di berbagai negara di Asia.

Suntikan dana yang akan diberikan oleh Lim diharapkan dapat membantu klub tersebut dalam melewati masa-masa krisis finansial. Meski menjadi klub ketiga tersukses di Spanyol, Valencia sendiri dalam lima tahun terakhir memang mengalami kesulitan keuangan. Untuk tetap bertahan, manajemen telah menjual beberapa bintangnya seperti David Villa, David Silva, Jordi Alba, Roberto Soldado dan Juan Mata. Pembangunan stadion baru berkapasitas 61,500 orang pun telah terhenti semenjak 2009.

Namun kabar resmi proses pembelian Valencia itu tidak hanya disambut baik oleh pihak klub, tapi juga para pelaku sepakbola di negara Singa. Sebagaimana dikatakan oleh presiden FAS (Football Association of Singapore), Zainudin Nordin, kehadiran Lim di peta persepakbolaan Eropa akan mengangkat profil Singapura.

"Dengan kapabilitas dan kemampuannya (Lim), akan ada efek positif yaitu akan semakin populernya brand sepakbola Singapura," ujar Zainudin sebagaimana dikutip dari Yahoo News.

Memang, Lim sendiri jadi pengusaha Singapura pertama yang mendapatkan klub elit Eropa. Sebelumnya, Asia Tenggara sudah menyumbang 3 pemilik klub, yaitu Erick Thohir (Indonesia) dengan Inter Milan, Tony Fernandes (Malaysia) dengan QPR, dan Vincent Tan (Malaysia) dengan Cardiff City. Dan deretan nama ini semakin membuktikan bagaimana para pemilik klub asal Asia mulai bangkit di Eropa.

[sumber foto: straitstimes.com]

Komentar