[Preview] FA Cup Final: Arsenal vs Hull City

Analisis

by redaksi

[Preview] FA Cup Final: Arsenal vs Hull City

Banyak pihak menggadang-gadang Arsenal akan mengakhiri 9 tahun puasa gelarnya malam nanti. Ya, kesempatan itu muncul ketika The Gunners akan menghadapi Hull City yang musim ini hanya mampu finish di urutan ke-16 EPL.

Pada lima pertemuan terakhirnya dengan Arsenal, Hull tak sekalipun meraih kemenangan. The Tigers sendiri terakhir mengalahkan tim asal London tersebut pada September 2008. Sedangkan pada lima pertandingan terakhirnya, tim yang bermarkas di KC Stadium ini menelan empat kekalahan dan sekali seri. Berbanding terbalik dengan sang lawan yang memenangi lima laga terakhirnya.



sumber: kickoff.co.uk


Berdasarkan fakta tersebut tim asuhan Arsene Wenger ini diprediksi akan menang dengan mudah. Namun tim yang bermarkas di Emirates Stadium ini sejatinya patut waspada mengingat pada Final Piala FA tahun lalu, tim sekelas Manchester City kalah oleh tim underdog, Wigan Athletic.

Selain mengandalkan semangat berlipat untuk bermain di Europa League dan meraih trofi pertamanya, berikut strategi yang bisa dilakukan Steve Bruce untuk mengecewakan bursa taruhan yang banyak menjagokan Arsenal.

Menumpuk Pemain di Tengah Untuk Mematikan Ozil

Tak dapat dipungkiri, kualitas lini tengah Arsenal merupakan salah satu yang terbaik di Inggris. Pemain-pemain macam Santi Cazorla dan Mikel Arteta ditambah Aaron Ramsey dan Mesut Ozil yang sebelumnya absen karena cedera dipastikan akan mengobrak-abrik pertahanan Hull City dengan kreatifitas dan umpan-umpannya yang mematikan.

Untuk itu, Manager The Tigers, Steve Bruce, diprediksi akan menumpukkan pemain di tengah dengan menggunakan formasi 4-5-1. Tujuannya jelas, untuk membuat permainan Arsenal yang mengandalkan Mesut Ozil tidak berkembang. Ya, musim ini ketika pergerakan Ozil berhasil dimatikan, Arsenal selalu menuai hasil buruk.

Selain itu, Ozil yang berperan sebagai Si Nomor 10 pasti akan jarang membantu pertahanan. Ini tentu bisa dimanfaatkan oleh para pemain tengah Hull yang diprediksi akan bermain sejajar. Artinya ketika menyerang, duo Arteta dan Ramsey akan menghadapi tiga midfielder Hull sekaligus.

Andalkan Tom Huddlestone

Pertandingan nanti akan menghadirkan banyak pertarungan di lini tengah. Salah satu cara untuk Hull memenangi pertarunganan tersebut adalah dengan melibatkan Huddlestone sesering mungkin. Pemilik nomor 8 ini terkenal pandai memanfaatkan sisi kedua sayap dengan umpan direct-nya yang mumpuni. Selama di-cover oleh Livermore, Huddlestone bisa berkreasi dan menciptakan umpan-umpan matang untuk barisan penyerang Hull tanpa mengkhawatirkan pertahanan.

Selain itu, Tom Huddlestone pun memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan set-piece. Tentu saja Steve Bruce boleh berharap skenario seperti kala Wigan menumbangkan The Citizen dengan gol yang berawal dari bola mati kembali terjadi.

Bermain Keras dan Defensif

Cara lain untuk mematikan lini tengah Arsenal adalah dengan bermain keras, defensif dan sering membuang-buang waktu. Hal ini dikarenakan umpan-umpan pendek yang sering diperagakan para punggawa The Gunners membutuhkan ritme yang konstan untuk mencapai performa terbaiknya. Ketika ritme itu terganggu, Arsenal sering kesusahan untuk membangun kembali ritme yang hilang itu.

Perkiraan susunan pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Fabianski; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Ramsey, Arteta; Cazorla, Ozil, Podolski; Giroud.

Hull City (4-5-1): Harper; Rosenior, Chester, Davies, Figueroa; Elmohamady, Mayler, Huddlestone, Livermore, Boyd; Sagbo.

[ar]

Komentar