Liga Pertama di Dunia

Cerita

by redaksi

Liga Pertama di Dunia

Hampir semua negara yang memainkan sepakbola secara profesional, memiliki sistem liga yang dijalankan dan dikelola sendiri. Beberapa bahkan merupakan liga besar di dunia. Sebut saja Inggris dengan Premiere League-nya, Serie A Italia, Bundesliga Jerman atau La Liga milik Spanyol.

Tapi, kapan sebenarnya sistem liga pertama kali di gunakan? dari mana ide ini muncul?

William McGregor, pria berkebangsaan Skotlandia, menjabat sebagai direktur Aston Villa sekitar tahun 1880. Dialah orang pertama yang memiliki ide untuk membentuk liga sepakbola. Saat itu, satu-satunya kompetisi yang diikuti oleh Aston Villa adalah FA Cup. Karena memang cuma itu satu-satunya kompetisi yang digelar setiap tahunnya.


Masalahnya, jika ada sebuah tim yang tereliminasi di putaran pertama, itu artinya tim tersebut hanya menjalani satu pertandingan kompetitif dalam semusim. Dari sinilah ide kompetisi dengan sistem liga muncul. William McGregor menjalankan inisiatifnya .Ia menyurati beberapa direktur klub besar lainnya, seperti  Preston North End, Blackburn Rovers, West Bromwich Albion dan Bolton Wanderers.

Isi suratnya berupa penawaran kepada 10-12 klub, untuk bekerjasama menyelenggarakan pertandingan tandang dan kandang dan tandang setiap tahunnya. Beberapa bulan kemudian, tepatnya September 1888, ide McGregor terwujud. Sebuah liga Sepakbola profesional lahir.

Ratusan tahun telah berlalu. Liga ini berkembang dan tetap diselenggarakan setiap tahunnya. Menjadi liga yang paling banyak disaksikan di seluruh dunia. English Premiere League.

(lux)

Komentar