Sejarah Singkat Traktor

Cerita

by Zen RS

Zen RS

Board of director | Panditfootball.com

Sejarah Singkat Traktor

Traktor mengubah secara dramatis wajah dunia pertanian. Banyak hal yang bisa dihemat: waktu, tenaga, hingga dana. Tapi begitu banyak hal yang bisa didapat: laba meningkat karena efisiensi dan efektifitas pengerjaan banyak hal di ladang, sawah dan peternakan.

Dalam kertas kerja berjudul  “Engines of Growth: Farm Tractors and Twentieth-Century U.S. Economic Welfare” yang disusun oleh ekonom Richard Steckel and William White, terlihat perbedaan kontras neraca hasil pertanian di Amerika Serikat sebelum dan setelah traktor mulai diproduksi dan dipergunakan secara massal. Pada 1910, tujuh tahun sebelum Henry Ford memproduksi massal traktor, hasil pertanian dan peternakan mencapai 900 juta dollar. Pada tahun 1954, ketika untuk pertamakalinya jumlah traktor melebihi jumlah kerbau dan keledai, dunia pertanian Amerika menghasilkan 3,1 milar dollar Amerika. Melonjak drastis!

Dengan traktor, pekerjaan membajak sawah yang dulunya harus dilakukan berhari-hari bisa dipersingkat waktunya. Berkat traktor, membajak lahan bisa dilakukan dengan berbagai cara: zigzag, lurus horizontal lalu mendadak bisa vertikal, bahkan bisa membuat gambar-gambar melingkar di lahan yang dibajak karena geraknya yang fleksibel.

Sejak traktor menjadi lebih ringkas dan ringan, yang mulai muncul di era 1920an, traktor bahkan bisa juga jadi alat transportasi. Traktor bisa digunakan membawa beberapa orang dari ladang ke rumah. Bahkan bisa juga mengangkut hasil pertanian dalam jumlah tertentu.

Itulah kelebihan Traktor: jauh lebih mobile, lebih lincah, jauh lebih fleksibel, jauh lebih versatile. Dan jarang turun mesin.

Web

Teks disusun oleh @zenrs, infografis oleh @lukmanfarera

Komentar