Panggung Eropa Pertama untuk Si Burung Camar

Berita

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Panggung Eropa Pertama untuk Si Burung Camar

Brighton and Hove Albion mengunci tempatnya di zona Eropa setelah menekuk Southampton di kandang dengan skor 3-1. Berkat kemenangan tersebut, mantan tim Graham Potter itu naik ke peringkat keenam klasemen sementara dengan total 61 poin. Jumlah poin tersebut tidak mungkin dikejar oleh Tottenham Hotspur yang duduk di peringkat kedelapan dengan 57 poin dan hanya menyisakan satu pertandingan saja.

Capaian ini merupakan rekor baru yang berhasil dicetak klub yang berlokasi di Inggris bagian selatan tersebut. Jika berkaca pada posisi klasemen saat ini, mereka berpeluang untuk masuk zona Europa League atau Conference League dan harus bersaing dengan Liverpool dan Aston Villa. Beruntung, Brighton masih memiliki tabungan satu pertandingan dibanding para pesaingnya. Jika ingin bermain di Europa League, mereka harus meraih minimal satu poin dari dua laga sisa.

Baca Juga:

Kasus Rasisme Terus Berulang, Vini Kembali Jadi Korban: La Liga Dalam Sorotan

Sang pelatih, Roberto De Zerbi menganggap bahwa prestasi ini lebih prestisius daripada menjuarai Liga Inggris bersama salah satu tim dari Big Six

“Ini lebih prestisius daripada menjuarai Liga Inggris dengan salah satu dari enam tim besar,” kata De Zerbi

Roberto De Zerbi tiba di Brighton dari Shaktar Donetsk September lalu ketika Graham Potter hengkang ke Chelsea. Ia dikontrak selama empat tahun (hingga pertengahan musim 2025/2026). Kontribusinya kepada Brighton membuat De Zerbi dikaitkan dengan sejumlah klub besar, termasuk Tottenham Hotspur, tetapi pria Italia berusia 43 tahun itu bersikeras ingin bertahan lama di klub pantai selatan itu.

"Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi pelatih Brighton dan bekerja dengan para pemain ini. Saya ingin bertahan lama," katanya kepada BBC Radio 5 secara langsung.

"Sebenarnya saya tidak ingin kehilangan grup ini karena saya menikmati bekerja dengan mereka. (Mereka adalah) grup dengan level tinggi dan saya tidak ingin kehilangan ini. Saya beruntung bekerja dengan mereka dan menjadi di sini pada saat ini.

"Bagi saya dan staf saya, ini adalah tantangan baru untuk mengatur skuat untuk memainkan tiga pertandingan per minggu. Ini akan menjadi empat kompetisi dan tentunya ini merupakan peningkatan bagi klub, karena kami harus membangun skuat untuk bersaing."

Brighton menjamu juara Manchester City pada hari Rabu sebelum mengakhiri musim mereka di Aston Villa pada hari Minggu.

Komentar