Indonesia vs Argentina: AFA Sudah Mengumumkan, PSSI Belum Banyak Bicara

Berita

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Indonesia vs Argentina: AFA Sudah Mengumumkan, PSSI Belum Banyak Bicara

Federasi Sepakbola Argentina (AFA) mengumumkan bahwa Argentina akan bermain melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023 mendatang pada agenda FIFA Matchday.

Isu kedatangan Argentina ini sudah berembus sejak Maret silam saat Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali mengatakan bahwa Erick Thohir mengusahakan akan mengundang Argentina.

"Pak Ketua Umum [Erick Thohir] berkomunikasi dengan beberapa federasi nasional dan beliau menyampaikan akan mengundang (timnas negara lain) mungkin di FIFA Match Day. Bulan Juni Palestina akan main di kita. Dan yang sedang diusahakan adalah Argentina," ujar mantan Menpora itu pada Jumat (17/3/2023) dikutip dari Antara.

Baca Juga:

Agenda Indonesia: FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Dunia, dan Piala Asia

Saat ini, Argentina bercokol di ranking pertama FIFA per update tanggal 6 April 2023. Sementara itu, Indonesia berada di peringkat 149.

Meski AFA sudah merilis jadwal di web maupun media sosialnya, PSSI melalui Anggota Komite Eksekutifnya, Arya Sinulingga, belum mau berkomentar terlalu banyak.

"Sampai hari ini belum ada hitam di atas putih, jadi kita tunggu saja semuanya," kata Arya dilansir dari Kumparan.

Hingga berita ini tayang, situs resmi maupun media sosial resmi PSSI belum mengumumkan secara resmi kedatangan Argentina pada Juni mendatang. Sementara itu, federasi sepakbola Australia melalui media sosialnya sudah mengumumkan akan bermain melawan Argentina pada 15 Juni.

Sebelum melawat ke Jakarta, Argentina akan menghadapi lawan mereka di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Australia, di Beijing pada 14 Juni, sedangkan Garuda akan menghadapi Palestina pada 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Baca Juga:

Meninjau FIFA Matchday dari Sport Business

Daya Tarik Messi

Lionel Messi, yang baru saja membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 jelas akan menjadi daya tarik. Jika Messi dibawa Lionel Scaloni, maka itu akan berpotensi mendatangkan banyak penonton.

CEO promotor sepakbola Nine Sport Inc, Arif Putra Wicaksono mengatakan bahwa pertandingan Indonesia melawan Argentina akan lebih dari sekadar pertandingan sepakbola.

Baca Juga:

Kasus Rasisme Terus Berulang, Vini Kembali Jadi Korban: La Liga Dalam Sorotan

"Pertandingan itu akan masuk kategori A FIFA serta karena status Argentina sebagai juara dunia dan ada Lionel Messi sebagai living legend. Momen ini bisa dibilang pertama dan terakhir. Mungkin suatu saat Argentina akan datang lagi, tapi belum tentu ada Messi-nya, belum tentu juara dunia lagi," kata Arif kepada redaksi Panditfootball pada Maret lalu.

Selain Messi, pemain yang turut bermain di Piala Dunia 2022 pun tak kalah menarik perhatian. Angel di Maria, Enzo Fernandez, Emi Martinez, serta Alexis Mac Allister pasti akan tetap menyedot perhatian publik, belum lagi ditambah Lautaro Martinez dan Julian Alvarez yang akan berduel di final Liga Champions pada 11 Juni mendatang.

Namun, Scaloni belum mengumumkan siapa saja yang akan dibawa ke Indonesia nanti. Barangkali kita harus siap seandainya Messi tak dibawa ke dalam skuad.

Baca Juga:

12 Orang Tewas Dalam Kericuhan di Estadio Cuscatlan, Presiden El Salvador: Pelakunya Tidak Akan Luput Dari Hukuman

Komentar