Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 24

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 24

Setelah melalui Double Gameweek di gameweek ke-23, para manajer Fantasy Premier League bisa sedikit “istirahat” karena gameweek ke-24 tidak ada tim yang berstatus double gameweek atau blank gameweek. Dengan demikian, penilaian para manajer kepada setiap aset akan setara.

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek ke-24. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka dari itu, kami menggunakan formasi 3-4-3.

Jangan lupa, gameweek ke-23 akan ditutup pada hari Sabtu, 18 Februari 2023 pukul 18.00 WIB.

Kepa Arrizabalaga (CHE)

Kami memutuskan untuk mempertahankan posisi Kepa Arrizabalaga sebagai kiper unggulan. Pekan lalu ia kehilangan poin clean sheet karena West Ham United berhasil mencuri satu gol. Tapi, mengingat Chelsea akan menghadapi Southampton yang mendekam di dasar klasemen, kami menilai potensi Kepa untuk meraih poin clean sheet cukup besar.

Jika berkaca pada data statstik, Kepa tergolong salah satu kiper terbaik dalam 4 gameweek terakhir. Ia mencatatkan 3 clean sheet dan 13 saves. Maka tidak heran, jika Kepa merupakan kiper dengan poin tertinggi.

Selain potensi clean sheet, Kepa juga berpotensi mendapatkan bonus poin. Ia tercatat selalu menciptakan minimal 3 penyelamatan dalam satu pertandingan. Artinya, Kepa hampir selalu mendapatkan minimal 1 poin tambahan dari aksi penyelamatan.

Kieran Trippier (NEW)

Fakta dalam dua pertandingan terakhir menunjukan bahwa Newcastle United gagal mencetak clean sheet. Padahal, pasca Piala Dunia 2022 hingga 6 pertandingan berturut-turut. Hal ini menandakan bahwa terjadi penurunan performa di lini belakang The Magpies.

Kendati demikian berat rasanya menggusur nama Trippier dari daftar pemain unggulan. Terlebih, potensi clean sheet selalu ada sementara Trippier sangat rajin membantu serangan. Ia tercatat sebagai pemain dengan kreasi umpan kunci terbanyak dalam 4 gameweek terakhir yaitu 18 umpan. Tidak hanya itu, ia juga menjadi bek dengan catatan penciptaan peluang terbanyak, yaitu 18 peluang.

Ben Mee (BRE)

Kami memilih lagi Ben Mee sebagai bek unggulan di gameweek ke-24. Alasan pemilihan Ben Mee potensi clean sheet tinggi dan jaminan sebagai pemain utama yang bermain minimal 60 menit. Potensi lain dari Mee adalah posturnya yang menguntungkan dalam duel udara. Harapanya, Mee dapat mencetak gol dari situasi set piece dengan memenangkan duel udara.

Bercermin dari perfoma pertahanan secara kolektif, Brentford mengalami peningkatan performa. Mereka tercatat meraih 3 clean sheet dari 4 pertandingan terakhir. Situasi tersebut didukung dari sang lawan, Leeds United, yang tidak pernah menang dalam 5 pertandingan terakhir. Hal ini menunjukan bahwa Mee masih sangat potensial.

Pervis Estupinan (BRI)

Brighton and Hove Albion akan menghadapi Fulham yang hanya mencetak 2 gol dalam 4 gameweek terakhir. Berdasarkan catatan tersebut, peluang Brighton clean sheet cukup besar. Terlebih, pertahanan besutan Roberto De Zerbi tersebut hanya menderita 69 tembakan dari lawan. Catatan tersebut merupakan salah satu catatan terbaik dibanding tim lain.


Maka dari itu kami merekomendasikan nama Pervis Estupinan sebagai salah satu bek unggulan. Selain potensi clean sheet, potensi Estupinan mencetak poin dari aksi menyerang juga cukup tinggi, terutama asis. Pemain asal Ekuador tersebut tercatat sebagai bek dengan asis terbanyak dalam 4 gameweek terakhir, yaitu 3 asis. Catatan tersebut bahkan melebihi Trippier yang memiliki catatan chances created terbanyak.

Komentar