Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 22

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 22

Mengingat hasil analisis jadwal pekan ini akan banyak poin yang hadir dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka, kami merekomendasikan 5 gelandang yang berpotensi menyumbang banyak poin.

Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-22 akan ditutup pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 pukul 01.30 WIB.

Marcus Rashford (MUN)

Setelah De Gea dan Shaw, masih ada satu tempat untuk memaksimalkan potensi aset Manchester United yang bermain dua kali. Ada beberapa pemain di posisi gelandang yang bisa diunggulkan. Tapi, potensi terbesar hadir dalam diri Marcus Rashford yang produktif dan cukup konsisten di segala kompetisi.

Dalam 4 pertandingan terakhir, Rashford merupakan salah satu gelandang paling produktif di Liga Inggris. Ia mencetak 4 gol dari 8 tembakan ke gawang. Catatan tersebut merupakan catatan terbaik di antara gelandang lain. Hal ini didukung dengan performa kolektif Man. United ketika bermain di kandang dengan catatan 17 gol dari 9 pertandingan.

Bukayo Saka (ARS)

Arsenal masih berstatus sebagai pemuncak klasemen dengan selisih 5 poin dari Manchester City di peringkat kedua. Mereka musim ini berhasil mengejutkan penikmat sepakbola Liga Inggris meskipun lebih banyak diperkuat oleh pemain muda dan dilatih oleh pelatih yang belum berpengalaman. Capaian ini bukan sebuah kebetulan. Banyak pemain muda Arsenal yang tampil gemilang dan konsisten sejak pekan pertama. Salah satunya adalah Bukayo Saka.

Gameweek ke-22 Arsenal akan bermain di kandang Everton. Selama bermain tandang, mereka memang jarang mencatatakan clean sheets (2 kali), tapi dari sisi produktivitas, The Gunners salah satu yang terbaik dengan catatan 20 gol dari 9 pertandingan. Kontribusi Saka terlihat jelas pada 4 laga terakhir dengan catatan 10 chances created, dan 22,2 persen konversi gol.

Rodrigo (LEE)

Selain Manchester United, tim lain yang mendapatkan jatah double gameweek adalah Leeds United. Meski demikian, perlu diingat bahwa dua laga yang akan mereka mainkan adalah laga tandang. Oleh karena itu, jika tertarik mengambil aset Leeds, sebaiknya cukup satu pemain.

Kandidat terkuat adalah Rodrigo. Bintang yang bersinar di awal kompetisi ini sempat meredup akibat cedera. Tapi, dari semua aset Leeds, Rodrigo memang yang paling potensial untuk mencetak poin dari aksi menyerang dengan catatan 6 tembakan ke gawang dalam 4 laga terakhir. Selain itu, kabar terakhir dari Jesse Marsch menyebutkan ada potensi Rodrigo absen pada laga pertama akibat cedera ringan.

Kaoru Mitoma (BRI)

Brighton and Hove Albion pasca ditinggalkan Leandro Trossard ke Arsenal ternyata tidak berpengaruh pada produktivitas. Mereka bahkan menjadi tim paling produktif dalam 4 laga terakhir dengan catatan 11 gol. Berbanding terbalik dengan calon lawannya, Bournemouth, yang merupakan salah satu tim paling banyak kebobolan (8 gol) dalam 4 gameweek terakhir.

Jika berkaca pada hasil tersebut, aset paling potensial dari Brighton adalah Kaoru Mitoma. Pemain asal Jepang tersebut mencetak 3 gol dari 4 pertandingan terakhir. Ia juga mencetak gol penentu kemenangan Brighton atas Liverpool dalam ajang FA Cup. Di Liga Inggris, ia menjadi gelandang dengan konversi gol tertinggi dalam 4 gameweek terakhir yaitu 37,5 persen.

Dejan Kulusevski (TOT)

Tottenham Hotspur akan melakoni laga berat melawan Manchester City di rumah sendiri. Sebagai seorang manajer FPL, penting untuk merespon laga yang sulit diprediksi ini. Salah satu siasatnya adalah memasang satu aset dari masing-masing tim tanpa memasang bek untuk mengurangi risiko.

Di kubu tuan rumah, salah satu yang paling potensial adalah Dejan Kulusevski. Ia kembali setelah cedera sebelum jeda Piala Dunia. Kini ia mengisi posisi lini serang bersama Harry Kane dan Son Heung-min. Jika melihat statistik, Kulusevski tercatat sebagai pemain Spurs dengan efektivitas yang cukup tinggi yaitu 19%.

Komentar