Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 19

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 19

Mengingat hasil analisis jadwal pekan ini akan banyak poin yang hadir dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka, kami merekomendasikan 5 gelandang yang berpotensi menyumbang banyak poin.

Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-19 akan ditutup pada hari Senin, 2 Januari 2023 pukul 23.00 WIB.

Raheem Sterling (CHE)

Setiap manajer tentu mengharapkan poin besar dari para gelandang premium tapi kenyataanya mereka belum tampil maksimal pasca Piala Dunia 2022. Menurunnya performa Kevin De Bruyne dan belum konsistennya Mohamed Salah serta Son Heung-min membuat posisi gelandang premium semakin tersingkir. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mengalihkan pandangan ke pemain tipe premium lain namun sedikit lebih murah.

Dia adalah Raheem Sterling. Sebetulnya belum ada gelandang Chelsea yang memiliki potensi lebih besar dari aset lainnya. Tapi, melihat performanya secara eye test dalam dua pekan terakhir, Sterling cukup dominan dan memegang peran penting. Selain Sterling, ada nama Mason Mount dan Christian Pulisic yang bisa menjadi pertimbangan.

Sterling pada pertandingan terakhir mencetak satu gol meski Chelsea gagal meraih kemenangan dari Nottingham Forest.

Marcus Rashford (MUN)

Potensi aset Manchester United tidak hanya hadir dari poin clean sheet, tapi juga poin aksi menyerang. Bournemouth merupakan salah satu tim yang paling jarang mengancam sekaligus mudah kebobolan dalam laga tandang. Mereka kebobolan 26 gol ketika bermain di kandang lawan, menjadi yang terburuk di Liga Inggris musim ini.

Oleh karena itu, ada baiknya mengambil aset Manchester United di posisi gelandang. Satu pemain yang paling potensial adalah Marcus Rashford. Meski Bruno Fernandes tercatat sebagai pemain paling kreatif dan sering menciptakan peluang, tapi Rashford menjadi pemain paling efektif dan subur. Pekan lalu, Rashford masuk di babak kedua tapi berhasil mencetak satu gol plus satu gol yang dianulir.

Martin Odegaard (ARS)

Arsenal berhasil mengejutkan penikmat sepakbola Liga Inggris musim ini. Dihuni oleh banyak pemain muda dan dilatih oleh pelatih yang belum berpengalaman, Arsenal menduduki puncak klasemen sementara. Capaian ini bukan sebuah kebetulan. Banyak pemain muda Arsenal yang tampil gemilang dan konsisten sejak pekan pertama. Salah satunya adalah Martin Odegaard.

Berbeda dengan pemilihan pemain City, pemilihan pemain Arsenal bukan soal rotasi atau menit bermain, melainkan giliran siapa yang cetak gol. Mereka adalah satu-satunya tim yang punya 4 pemain berbeda dengan koleksi 5 gol, yaitu Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, Odegaard, dan Gabriel Jesus. Oleh karena itu, jika anda memiliki satu dari empat nama di atas, layak dipertahankan.

Pekan ini kami menilai Odegaard lebih layak karena catatan tiga pertandingan terakhir yang selalu mencetak gol atau asis dan meraih lebih dari 10 poin (GW16: 16 poin, GW17: 11 poin, GW18: 13 poin). Odegaard menyusul Almiron sebagai gelandang yang meraih total 100 poin di musim ini. Walaupun demikian, jika anda memiliki Saka atau Martinelli baiknya tetap dipertahankan.

Miguel Almiron (NEW)

Setelah 7 gameweek tanpa blank, pekan lalu Almiron hanya mendapatkan poin absen dan satu tambahan poin dari hasil clean sheet. Ia sempat mendapatkan poin 10 atau di atas 10 selama 3 gameweek beruturut-turut. Prestasi ini belum pernah dicapai oleh semua gelandang di Liga Inggris di musim ini.

Almiron tercatat sebagai gelandang pertama yang menembus poin di atas 100, tepatnya 101 poin (9 poin lebih banyak dari Kevin De Bruyne). Tidak hanya itu, Almiron hanya dibanderol kurang dari 5,8 juta pounds, jauh lebih murah dibanding De Bruyne. Oleh karena itu, pemilihan Almiron di GW-17 akan menjadi keputusan yang sangat bijak.

Andreas Pereira (FUL)

Selain Chelsea, Fulham menjadi salah satu tim yang memiliki double gameweek. Oleh karena itu, akan bijaksana jika memiliki minimal satu pemain dari dua tim tersebut. Untuk pemain Fulham, kami menyarankan nama Andreas Pereira sebagai gelandang unggulan.

Ia tidak terlihat di radar meski secara statistik ia punya capaian yang cemerlang, terutama ketika bermain kandang. Pereira tercatat sebagai salah satu pemain yang paling banyak menciptakan umpan kunci ketika bermain di kandang, yaitu 20 umpan. Tidak hanya itu, ia tercatat sebagai gelandang yang paling rajin menciptakan peluang ketika bermain kandang dengan total 11 peluang. Oleh karena itu, kami tidak ragu mengusulkan nama Pereira.

Komentar