Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 18

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 18

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek kesepuluh. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka dari itu, kami menggunakan formasi 3-5-2 khusus untuk gameweek ke-18. Jangan lupa, gameweek ke-18 akan ditutup pada hari Sabtu, 31 Desember 2022 pukul 01.15 WIB.

Nick Pope (NEW)

Newcastle United akan menjamu Leeds yang baru kalah dari Manchester City. Sementara tim tuan rumah memiliki modal positif pada pekan sebelumnya dengan menang tanpa kebobolan. Dua kondisi yang berbanding terbalik antar kedua tim ini tentu menjadi alasan mengapa Nick Pope layak menjadi kiper unggulan di gameweek-18.

Ketika bermain di kandang, Pope dan Newcastle menjadi tim dengan catatan clean sheet terbanyak yaitu 5 clean sheet. Selain itu, mereka juga hanya kebobolan dari semua laga yang mereka lakoni di St. Mary Stadium. Terbaik kedua dari semua tim hanya kalah dari Arsenal.

Jika melihat dari sisi lawan, Leeds bermain lebih buruk ketika tandang. Meski mencetak 10 gol dari 7 laga tandang, tapi Leeds kehilangan beberapa pemain penting. Seperti Patrick Bamford, Luis Sinisterra, dan Jack Harrison. Hanya Rodrigo yang bisa diandalkan di depan.

Kyle Walker (MCI)

Jika anda memiliki Joao Cancelo, maka masih layak dipertahankan. Meskipun, pada pertandingan sebelumnya baik Cancelo maupun Kyle Walker tidak bermain. Ada indikasi mereka masih belum mencapai kebugaran maksimal. Selain itu, jika Cancelo dijual maka ketika ingin membeli lagi, harganya berpotensi sudah lebih mahal.

Pada prinsipnya, pemilihan Walker tidak berbeda jauh dengan Cancelo. Sama-sama bermain sebagai bek sayap sehingga diharapkan tidak hanya dapat poin clean sheet, tapi juga poin dari aksi menyerang. Bedanya, harga Walker jauh lebih murah dari Cancelo sehingga budget bisa digunakan untuk posisi lain.

Kieran Trippier (NEW)

Potensi terbesar dari Kieran Trippier pada gameweek ke-18 hadir dari poin clean sheet. Persis seperti yang telah diuraikan pada alasan pemilihan Nick Pope sebagai kiper unggulan. Potensi ini didukung dengan jaminan posisi Trippier di jajaran lini pertahanan Eddie Howe.

Selain potensi clean sheets, Trippier memiliki peluang untuk mendapatkan poin dari aksi menyerang. Hingga pekan ke-17, Trippier tercatat sebagai bek dengan penciptaan peluang terbanyak yaitu 38 peluang. Selain itu, ia menjadi bek yang paling rajin mengirimkan umpan silang (139 umpan) dengan akurasi 41,7 persen.


Andrew Robertson (LIV)

Jika anda bertanya siapa yang layak menggantikan Reece James yang lagi-lagi cedera, kami merekomendasikan nama Andrew Robertson. Dilihat dari sisi harga, Robertson tentu lebih murah. Ia juga memiliki jaminan bermain sebagai bek kiri Jurgen Klopp. Dilihat dari jadwal, Liverpool memiliki jadwal yang cenderung mudah dengan para bek premium lainnya. Pilihan lain mungkin Trent Alexander-Arnold tapi ia sudah dicap sebagai pemain elit poin sulit. Terlalu berisiko.

Selain itu, Robertson secara statistik tidak kalah cemerlang dari koleganya. Ia termasuk sebagai bek yang paling sering menciptakan peluang yaitu 26 peluang. Selain itu, Robertson sangat rajin mengirimkan umpan ke sepertiga akhir dengan total 140 umpan. Dengan demikian, peluang Robo meraih poin asis cukup besar.

Komentar