Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 17

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 17

Mengingat hasil analisis jadwal pekan ini akan banyak poin yang hadir dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka, kami merekomendasikan lima gelandang yang berpotensi menyumbang banyak poin.

Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-17 akan ditutup pada hari Senin, 26 Desember 2022 pukul 18.00 WIB..

Kevin De Bruyne (MCI)

Perlu diperhatikan bahwa beberapa gameweek sebelum jeda piala dunia, Pep Roulette telah memakan banyak korban. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami menganggap bahwa Kevin De Bruyne menjadi salah satu pemain yang posisinya cukup terjamin karena perannya yang sangat vital di lini tengah The Citizens.

Selain De Bruyne, pemain yang memiliki menit bermain hampir setara adalah Bernardo Silva dan Rodri. Maka dari itu kami kembali memilihnya sebagai salah satu gelandang unggulan. Tapi, dibanding Bernardo dan Rodri, potensi De Bruyne jauh lebih besar karena ia bermain sebagai gelandang serang dan menjadi otak serangan Manchester City.

Hingga gameweek ke-16, De Bruyne merupakan gelandang dengan poin kedua tertinggi (90 poin). Tidak hanya itu, ia merupakan gelandang yang paling sering menciptakan peluang (45 chances created) dan salah satu gelandang yang paling rajin melepaskan umpan kunci (18 umpan). Tidak hanya itu, De Bruyne menjabat sebagai eksekutor bola mati termasuk tendangan bebas dan sepakan pojok. Dengan demikian, potensi utama KDB hadir dari potensi asis, tapi tidak menutup kemungkinan ia juga mencetak gol pekan ini.

Miguel Almiron (LIV)

Predikat pemain murah berprestasi cocok dengan apa yang Miguel Almiron lakukan hingga pekan ke-17. Sebab, Almiron tercatat sebagai gelandang dengan poin tertinggi, yaitu 93. Tiga poin lebih banyak dari Kevin De Bruyne. Tidak hanya itu, Almiron hanya dibanderol kurang dari 5,8 juta pounds. Jauh lebih murah dibanding De Bruyne. Oleh karena itu, pemilihan Almiron di GW-17 akan menjadi keputusan yang sangat bijak.

Almiron tercatat tidak pernah blank dalam 5 gameweek terakhir. Bahkan, ia sempat mendapatkan poin 10 atau di atas 10 pada 3 gameweek beruturut-turut. Prestasi ini belum pernah dicapai oleh semua gelandang di Liga Inggris di musim ini.

Selain potensi gol, Almiron sebenarnya berpotensi mencetak asis. Salah satu sebab paling penting adalah angka umpan ke dalam sepertiga akhir atau pass to final third. Ia mencatatkan 59 umpan ke dalam sepertiga akhir dalam 4 gameweek terakhir. Capaian ini merupakan salah satu capaian terbaik di antara gelandang lain.

Gabriel Martinelli (ARS)

Arsenal musim ini berhasil mengejutkan penikmat sepakbola Liga Inggris. Dihuni oleh banyak pemain muda dan dilatih oleh pelatih yang belum berpengalaman, Arsenal menduduki puncak klasemen sementara. Capaian ini bukan sebuah kebetulan. Banyak pemain muda Arsenal yang tampil gemilang dan konsisten sejak pekan pertama. Salah satunya adalah Gabriel Martinelli.

Potensi gol Martinelli hadir dari catatan dia ketika bermain kandang. Ia menjadi pemain Arsenal yang paling sering mencetak gol di Emirates Stadium yaitu sebanyak 4 gol. Ia juga menjadi gelandang milik The Gunners yang paling sering mengancam gawang lawan dengan catatan 20 tembakan dan 11 tembakan ke gawang.

Bukan hanya potensi gol, Martinelli juga memiliki potensi asis yang cukup besar. Ia tercatat sebagai gelandang Arsenal yang paling sering menciptakan peluang di kandang, yaitu 16 peluang. Oleh karena itu, kami tidak ragu merekomendasikan Martinelli sebagai salah satu gelandang unggulan pada gameweek ke-17..

Bruno Fernandes (MUN)

Seperti yang telah kami uraikan sebelumnya bahwa pada GW-17, potensi aset Manchester United sangat besar. Selain De Gea, sebetulnya ada nama Diogo Dalot dan Luke Shaw di barisan pertahanan. Tapi di posisi gelandang, kami merekomendasikan nama Bruno Fernandes.

Di antara gelandang MU yang lain, Bruno memegang banyak peran. Ia menjadi salah satu gelandang MU yang paling sering melepaskan tembakan, yaitu 26 tembakan. Selain itu, potensi poin asis dari Bruno juga cukup besar. Ia menjadi gelandang ketiga terbaik dalam urusan menciptakan peluang dengan catatan 33 peluang dan 14 umpan kunci.

Selain itu, perlu diingat bahwa Cristiano Ronaldo tidak lagi bekerja untuk MU. Artinya, peran penendang penalti dan eksekutor bola mati diperkirakan beralih ke tangan Bruno. Hal ini semakin memperbesar peluang Bruno mencetak banyak poin.

Leandro Trossard (BHA)

Pada ajang Piala Dunia 2022, beberapa pemain Brighton and Hove Albion mencuri perhatian. Salah satu yang paling bersinar adalah Kaoru Mitoma dan Alexis Mac Allister. Dua pemain ini berhasil membawa negaranya melangkah jauh.

Di sisi lain, ada pemain Brighton lain yang masuk ke dalam skuad Piala Dunia 2022 tapi tidka mendapatkan banyak menit bermain. Ia adalah Leandro Trossard. Kabar baiknya, Trossard terhindar dari cedera dan kelelahan. Sehingga harapannya ia bisa kembali ke tanah Inggris dan menunjukan performa terbaiknya.

Jika berkaca pada data statistik, Trossard merupakan salah satu gelandang yang berbahaya. Ia menjadi gelandang urutan kelima dalam hal mengancam gawang. Tercatat ia melepaskan 5 temabakan ke gawang lawan dalam 4 gameweek terakhir. Terlebih, Trossard dan Brighton akan melawan Southampton yang berada di zona degradasi dan kebobolan 9 gol dalam 4 gameweek terakhir.

Komentar