Profil Tim Piala AFF 2022: Laos

AFF

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022: Laos 

Pelatih asal Jerman, Michael Weiss, mencoba memupus rekor buruk Laos yang belum pernah meraih kemenangan sejak 2004. Kemenangan terakhir Laos terjadi pada Piala Tiger 2004, di mana mereka berhasil unggul 2-1 atas Kamboja.

Weiss saat ini melatih Laos dari U-19 hingga senior. Hal ini memudahkan Weiss untuk meracik skuad yang diisi dengan kombinasi pemain senior dan pemain muda. Sepuluh pemain yang dibawa Weiss berasal dari klub Ezra FC yang berlaga di Lao League 1. Ada tiga pemain yang berlaga di luar Lao League 1, yakni Soukaphone Vongchiengkham dan Phithack Kongmathilath, yang bermain di Thai League 2, serta Mitsada Saitaifah yang bermain di Thai League 3.

Skuad Laos

Kiper: Keo-Oudone Souvannasangso (Lao Army), Phounin Xayyasone (Ezra), Chanthavysay Thiep Anong (Ezra), Xaysavath Souvanhansok (Young Elephants).

Bek: Kaharn Phetsivilay (Young Elephants), Thinnakone Kongtakan (Lao Army), Phonsack Seesavath (Ezra), Vongsakda Chanthaleuxay (Ezra), Inthachuk Sisouphan (Luang Prabang), Anantaza Siphongphan (Ezra), Nalongsit Chanthalangsy (Champasak), Phoutthaviong Sangvilay (Ezra), At Viengkham (Master 7), Phetvadanh Somsanid (Champasak).

Gelandang: Kydavone Souvanny (Young Elephants), Chanthavixay Khounthoumphone (Ezra), Oun Phetvongsa (Ezra), Anousone Xaypanya (Ezra), Manolom Phetphakdy (Young Elephants), Phouvieng Phounsavath (Viengchanh), Mitsada Saitaifah (Yong Singh Hatyai United), Soukaphone Vongchiengkham (Trat), Phithack Kongmathilath (Nakhon Pathom United).

Penyerang: Chony Wenpaserth (Ezra), Ekkamai Ratxachak (Champasak), Soukphachan Lueanthala (Champasak), Billy Ketkeophompone (Tanpa Klub), Phathana Phommathep (Ezra).


Saat dibantai 0-6 oleh Vietnam, Keo-Oudone Souvannasangso menjadi penjaga gawang utama Laos. Dalam formasi 4-4-2, empat pemain belakang yang menjadi starter adalah Kaharn Phetsivilay dan Anantaza Siphongphan yang akan diapit oleh Phouttayong Songvilay dan At Viengkham. Posisi gelandang jangkar akan diisi oleh Mitsada Saitaifah, pemain 35 tahun kelahiran Prancis yang bermain untuk Yong Singh Hatyai United.

Empat gelandang adalah di depan Sitaifah akan diisi oleh Phithack Kongmathilath, Kydavone Souvanny, Chanthavixay Khounthoumphone, dan Soukaphone Vongchiengkham. Vongchiengkham merupakan kunci lini tengah Laos. Pengalamannya bermain di Liga Thailand (meski tak memperkuat klub besar) menjadi sangat berharga.

Sementara itu, posisi striker diisi oleh Billy Ketkeophompone dan Anousone Xaypanya. Billy akan mencoba mencetak gol pertamanya di Piala AFF untuk Laos, sekaligus mencoba meraih kemenangan untuk Laos sejak 2004.

Misi untuk meraih kemenangan cukup sulit. Setelah melawan Vietnam, mereka akan bertandang ke Malaysia (24/12), menjalani laga kandang melawan Singapura (27/12), dan terakhir adalah laga tandang melawan Myanmar (3/1).

Komentar