Profil Tim Piala AFF 2022: Singapura

AFF

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022: Singapura

Di bawah asuhan pelatih asal Jepang, Takayuki Nishigaya, Singapura berusaha meraih trofi AFF yang kelima. Skuad yang dibawa Nishigaya tidak berbeda jauh dengan skuad Piala AFF 2022 lalu. Hanya saja, Singapura kali ini tidak diperkuat oleh salah satu bek andalan mereka, yakni Safuwan Baharudin karena belum pulih dari cedera.

Singapura memadukan pemain-pemain senior dengan pemain muda. Harris Harun dan Hassan Sunny menjadi pemain senior yang diharapkan mampu memimpin pemain-pemain muda. Pilar Singapura di Piala AFF 2020 pun masih mendominasi, yakni Shahdan Sulaiman, Song Oui Yun, Amy Recha, Irfan Fandi, dan Faris Ramli.

Sayangnya, Ikhsan Fandi dan Adam Swandi menderita cedera kala Singapura menghadapi Maladewa dalam laga uji coba, dan kemungkinan besar tidak bisa memperkuat Singapura di Piala AFF 2022.

“Sangat disayangkan Ikhsan dan Adam tak bisa bergabung dengan tim dalam turnamen Piala AFF. Saya akan meninjau opsi saya untuk memilih skuad terakhir dan saya sepenuhnya percaya diri bahwa kami punya pemain yang bisa menggantikan mereka,” ujar Nishigaya dilansir dari situs resmi Asosiasi Sepakbola Singapura (FAS).

Skuad Singapura

Kiper: Hassan Sunny (Lion City Sailors), Syazwan Buhari (Tampines Rovers), Zaiful Nizam (Geylang International), Zharfan Rohazaid (Tanjong Pagar United).

Bek: Amirul Adli (Lion City Sailors), Irfan Fandi (Bangkok Glass Pathum United), Harris Harun (Lion City Sailors), Christopher Van Huizen (Tampines Rovers), Joshua Pereira (Geylang International), Nazrul Nazari (Hougang United), Nur Adam Abdullah (Lion City Sailors), Ryaan Sanizal (Tampines Rovers), Ryhan Syewart (Chiangmai FC), Shakir Hamzah (Tanjong Pagar United).

Gelandang: Shahdan Sulaiman (Lion City Sailors), Zulfahmi Arifin (Hougang United), M Anumanthan (Lion City Sailors), Hafiz Nor (Lion City Sailors), Hami Syahin (Lion City Sailors), Song Ui-young (Lion City Sailors), Shah Shahiran (Young Lions), Farhan Zulkifli (Hougang United).

Penyerang: Faris Ramli (Lion City Sailors), Shawal Anuar (Hougang United), Hazzuwan Halim (Geylang International), Taufik Suparno (Tampines Rovers), Ilhan Fandi (Albirex Nigata Singapore), Amy Recha (Hougang United).


Takayuki Nishigaya kemungkinan akan besar memilih Hassan Sunny sebagai penjaga gawang utama, meski ia tak dimainkan di laga uji coba melawan Maladewa. Kehadiran Sunny akan menghadirkan ketenangan di lini belakang Singapura dengan pengalaman dan kemampuannya menepis serangan lawan.

Di posisi bek, Harris Harun dan Irfan Fandi akan menjadi duet yang tak akan tergantikan. Duet pemain itu menjadi duet paling ideal di lini pertahanan - Harris yang sudah berpengalaman dan Irfan yang saat ini sedang berada di puncak karirnya. Duet Harris Irfan kemungkinan besar akan diapit oleh Nazrul Nazari dan Shakir Hamzah.

Di lini tengah, Nishigaya kemungkinan akan memainkan dua pivot, yakni Shahdan Sulaiman dan Anumantan. Dua pemain itu akan menyokong tiga pemain di belakang striker, yakni Song Ui-young, Faris Ramli, dan Shawal Anuar.

Di posisi ujung tombak ada Ilhan Fandi, striker muda menjanjikan yang saat ini bermain untuk Albirex Nigata Singapore. Di laga uji coba melawan Maladewa, Ilhan mencetak satu gol dalam kemenangan 3-1 untuk Singapura. Kehadiran Ilhan akan semakin menambah opsi pemain di lini depan Singapura.

Komentar