Profil Tim Piala AFF 2022: Malaysia

AFF

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022: Malaysia

Dalam persiapan menuju Piala AFF 2022, 12 dari 41 pemain Malaysia mengundurkan diri dari pemusatan latihan dengan alasan masalah pribadi. Padahal, 12 pemain itu merupakan andalan Kim Pan-gon dalam meloloskan Harimau Malaya ke putaran final Piala Asia 2023.

Pemain yang mundur itu mayoritas berasal dari klub raksasa Liga Malaysia, Johor Darul Ta’zim, yakni Shahrul Mohd Saad, La`vere Lawrence Corbin-Ong, Muhammad Nazmi Faiz Mansor, Arif Aiman Mohd Hanapi, Muhammad Akhyar Abdul Rashid, Matthew Davies, Muhammad Syafiq Ahmad, Nathaniel Shio Hong Wan, dan Natxo Insa. Pemain Sri Pahang, Muhamad Nor Azam Abdul juga memperpanjang nama yang mengundurkan diri.

Hal ini tentu memusingkan Kim. Namun, ia mengaku untuk selalu mencoba positif. “Dalam karir saya, ini adalah pertama kalinya (pemain mundur dari timnas). Saya harus positif, saya dapat melihat lebih banyak pemain yang telah kami gali bakatnya, dan saya dapat melihat mereka secara langsung, membantu, dan meyakinkan mereka,” ujar Kim dilansir dari Goal.

Skuad Malaysia

Kiper: Syihan Hazmi (Perak), Rahadiazli Rahalim (Terengganu FC), Kalamullah Al-Hafiz (Petaling Jaya City).

Bek: Sharul Nazeem (Selangor FC), Dominic Tan (Sabah FC), Khuzaimi Piee (Perak), Azam Azmi (Terengganu FC), Quentin Cheng (Selangor FC), Fazly Mazlan (Selangor FC), Rubenthiran Vengadesan (Petaling Jaya City).

Gelandang: Brendan Gan (Selangor FC), Mukhairi Ajmal (Selangor FC), Aliff Haiqal (Selangor FC), Stuart Wilkin (Johor Darul Ta’zim II), Lee Tuck (Sri Pahang), David Rowley (Sri Pahang).

Penyerang: Darren Lok (Petaling Jaya City FC), Haqimi Rosli (Kuala Lumpur FC), Sergio Ezequiel Aguero (Sri Pahang), Safawi Rasid (Ratchaburi), Faisal Halim (Terengganu), Shamie Iszuan (Sarawak United), Nor Hakim (Selangor).


Di posisi penjaga gawang, Syihan Hazmi akan menjadi pemain inti mengingat dialah satu-satunya kiper yang pernah bermain di level senior.



Di laga pembuka melawan Myanmar, Kim menggunakan formasi 3-5-2 dengan memasang Dominic Tan, Khuzaimi Piee, dan Sharul Nazeem sebagai bek yang diapit Rubenthiran Vengadesan di sebelah kiri dan Azam Azmi di sebelah kanan.

Brendan Gan dan Stuart Wilkin menjadi penyeimbang di lini tengah. Sementara itu, Syafawi Rasyid dan Faisal Halim menjadi senjata di sayap. Sementara itu, Darren Lok menjadi ujung tombak.

Meski pemain muda andalan mereka, Luqman Hakim, tidak bisa bergabung di Piala AFF 2022, Harimau Malaya masih menyimpan amunisi muda lain dalam diri Mukhairi Ajmal. Pemain 21 tahun itu bisa bermain sebagai gelandang ataupun sayap. Tampaknya, Ajmal akan tetap mendapat tempat di lini tengah untuk menemani Gan.

Jika melihat komposisi pemain yang dipanggil, Kim memanggil tujuh orang yang berposisi sebagai striker. Hal ini menunjukkan bahwa Kim masih mencari bentuk ideal formasi lini depannya. Mundurnya 12 pemain benar-benar membuat Kim harus memutar otak.

Setelah melawat ke Myanmar, Harimau Malaya bermain di Bukit Jalil Stadium melawan Laos (24.12), dan dilanjutkan laga tandang menghadapi Vietnam (27/12). Di laga pamungkas, mereka akan menghadapi Singapura (3/1).

Peluang Malaysia tetap terbuka meski untuk menjadi juara rasa-rasanya cukup sulit. Namun, apapun itu, Kim akan tetap berusaha semaksimal mungkin dan memberikan penampilan terbaik kepada para penggemar.

“Lazim untuk mengatakan kami mau menjadi juara. Tetapi kami akan mencoba yang terbaik untuk memberi hasil terbaik, dan akan berjuang untuk itu, mencoba memberikan kebanggaan kepada para penggemar.”

Komentar