Profil Tim Piala AFF 2022: Vietnam

AFF

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022: Vietnam

Park Hang-seo mengumumkan bahwa kebersamaannya dengan Vietnam akan berakhir pada Januari 2023. Bersama Park, Golden Star meraih dua emas Sea Games (2019 & 2021), runner up Piala Asia U-23 2018, Piala AFF 2018, semifinal Asian Games 2018, dan lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Tidak dipungkiri bahwa Vietnam menjadi tim yang paling diunggulkan di grup B. Kerangka skuad racikan pelatih asal Korea Selatan itu sudah terbentuk cukup lama dan di antara peserta lain. Nama-nama yang menjadi pemain andalan Park tetap dipanggil, seperti Tran Nguyen Manh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Quang Hai.

Skuad Vietnam

Kiper: Dang Van Lam (Topenland Binh Dinh), Tran Nguyen Manh (Viettel), Nguyen Van Toan (Hai Phong)

Bek: Nguyen Thanh Binh (Viettel), Bui Tien Dung (Viettel), Bui Hoang Viet Anh (Hanoi FC), Nguyen Thanh Chung (Hanoi FC), Do Duy Manh (Hanoi FC), Doan Van Hau (Hanoi FC), Que Ngoc Hai (Song Lam Nghe An), Ho Tan Tai (Topenland Binh Dinh FC), Vu Van Thanh (Hoang Anh Gia Lai FC), Nguyen Phong Hong Duy (Goang Anh Gia Lai FC).

Gelandang: Nguyen Quang Hai (Pau FC), Nguyen Hai Huy (Hai Phong FC), Chau Ngoc Quang (Hoang Anh Gia Lai FC), Do Hung Dung (Hanoi FC), Nguyen Tuan Anh (Hoang Anh Gia Lai FC), Nguyen Hoang Duc (Viettel FC), Phan Van Duc (Cong An Nhan Dan FC), Khuat Van Khang (Viettel FC).

Penyerang: Nguyen Van Quyet (Hanoi FC), Nguyen Van Toan (Hoang Anh Gia Lai FC FC), Pham Tuan Hai (Hanoi FC), Nguyen Tien Linh (Binh Duong FC).



Jika melihat 10 pemain belakang di dalam komposisi skuadnya, Park kemungkinan akan memakai tiga bek tengah yang diisi Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Bin, dan Do Duy Manh. Mereka akan melindungi Tran Nguyen Manh yang masih akan menjadi kiper utama. Doan Van Hau dan Ho Tan Tai akan menjadi bek sayap yang akan mendukung penyerangan.

Di lini tengah, Vietnam masih mengandalkan Do Hung Dung sebagai jangkar, yang akan diapit oleh Nguyen Quang Hai dan Nguyen Tuanh Anh. Sementara itu, di posisi ujung tombak ada Nguyen Tien Linh atau striker senior Nguyen Van Quyet.

Golden Star akan mengawali perjalanannya di Piala AFF 2022 dengan bermain tandang ke Laos (Rabu, 21/12), dan dilanjutkan bermain kandang menghadapi Malaysia (27/12). Setelah itu, mereka akan bermain tandang melawan Singapura (30/12), dan ditutup dengan laga kandang melawan Myanmar (3/1).

Komentar