Profil Tim Piala AFF 2022 : Indonesia

AFF

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022 : Indonesia

Meski Indonesia tercatat sebagai “langganan” finalis, tidak satu gelar pun berhasil diraih tim Garuda. prestasi terbaik Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF hanya menjadi runner-up sebanyak enam kali tanpa sekalipun meraih gelar juara. Pada edisi sebelumnya, Indonesia berhasil mencapai babak final namun dipermalukan Thailand dengan agregat 6-2. Kali ini, Indonesia bertekad untuk meraih gelar pertamanya.

Shin Tae-yong mengkonfirmasi target tersebut melalui kanal YouTube resmi federasi sepakbola Indonesia.

“Dengan adanya tragedi Kanjuruhan, saya merasa bertanggung jawab atas kesedihan masyarakat. Jadi, target timnas dan saya adalah menjadi juara di Piala AFF 2022,” ujar Shin Tae-yong melalui kanal YouTube resmi PSSI.

Shin telah mengumumkan 23 nama yang akan berlaga dalam ajang Piala AFF 2022. Jordy Amat yang baru menyelesaikan proses naturalisasinya turut dipanggil dan mengisi salah satu pos pemain belakang. Ilija Spasojevic yang terbilang sebagai pemain senior diandalkan sebagai salah satu penyerang. Beberapa pemain yang merumput di luar negeri seperti Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam dipastikan akan memperkuat timnas Indonesia.

Jika melihat komposisi pemain yang dipanggil Shin, ada kemungkinan Indonesia akan bermain dengan dua formasi dasar. Antara 3-4-3 atau 4-2-3-1. Opsi pertama tetap memungkinkan dengan menggeser Rachmat Irianto sebagai salah satu bek tengah. Pilihan ini akan cocok digunakan melawan tim yang memiliki serangan berbahaya. Opsi kedua cocok digunakan untuk melawan tim yang mengandalkan penguasaan bola dengan lini tengah yang dominan.

Skuad Indonesia

Kiper :

Nadeo Argawinata (Bali United), Muhammad Riyandi (Persis Solo), Syahrul Trisna (Persikabo).

Bek :

Fachrudin Aryanto (Madura United), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Edo Febriansyah (RANS Nusantara), Jordi Amat (Johor Darul Ta`zim).

Gelandang :

Rachmat Irianto (Persib Bandung), Witan Sulaeman (AS Trencin), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Egy Maulana Vikri (tanpa klub), Saddil Ramdani (tanpa klub), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Marc Klok (Persib Bandung), Yakob Sayuri (PSM Makassar).

Penyerang :

Muhammad Rafli (Arema), Ilija Spasojevic (Bali United), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara) , Ramadhan Sananta (PSM Makassar).

Komentar