Profil Tim Piala AFF 2022 : Thailand

AFF

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022 : Thailand

Thailand adalah salah satu tim yang paling sukses di Piala AFF dengan enam gelar dan tiga runner-up. Gelar tersebut diraihnya dua kali berturut-turut pada 2000-2002 dan 2014-2016. Kali ini Thailand mengincar kemenangan ketujuhnya. Mereka tidak memanggil beberapa pemain terbaiknya, sehingga misi tersebut tidak akan mudah.

Chanatip Songkrasin dipastikan absen. Ia perlu istirahat setelah jadwal padat bersama Kawasaki Frontale. Selain Chanatip, Supachok Sarachat yang bermain untuk klub asal Hokkaido, Consadole Sapporo tidak memenuhi panggilan. Ratthanakorn Maikami, Supachai Chaided, Suphanat Mueanta, dan Narubadin Weerawatnodom melengkapi kepincangan skuad Gajah Perang karena harus melanjutkan latihan bersama klub Liga Inggris, Leicester City. Meski pincang, Thailand masih berstatus sebagai tim unggulan.

Masih ada beberapa pemain senior yang memperkuat Thailand diantaranya Teerasil Dangda (115 penampilan), Theerathon Bunmathan (74 penampilan), Sarach Yooyen (59 penampilan), dan Adisak Kraisorn (46 pemain). Tidak hanya soal pemain, Thailand masih dilatih oleh Alexandre Polking yang membawa mereka ke gelar juara Piala AFF edisi sebelumnya.

Dengan hadirnya Dangada dan Kraisorn, kemungkinan besar Poling akan memaksimalkan dua pemain tersebut di lini serang. Ia bisa bermain dengan formasi dasar 4-4-2. Penggunaan skema tersebut sekaligus menjadi bentuk adaptasi Thailand tanpa kehadiran Chanatip. Biasanya jika Chanatip bermain, Thailand bermain dengan skema 4-2-3-1. Taktik tersebut sempat dicoba ketika Thailand melawan Myanmar dan berhasil mencetak enam gol tanpa balas.

Skuad Thailand

Kiper :

Kittipong Phu Thaew Chueak (BG Pathum), Kampol Pathomakul (Ratchaburi FC), Saranon Anuin (Chiang Rai United).

Bek :

Theerathon Bunmathan (Buriram United), Sasalak Haiprakhon (Buriram United), Pansa Hemvibul (Buriram United), Kritsada Kaman (Chonburi FC), Chalermsak Akkee (Police Tero FC), Supanan Burirat (Thai Port), Chakpan Praisuwan (BG Pathum), Chatmongkol Ruangthanaroj (Chonburi FC).

Gelandang :

Sumanya Purisai (Chonburi FC), Bodin Phala (Thai Port FC), Charoensak Wongkorn (Muang Thong United), Sarach Yuyen (BG Pathum), Siwakorn Teatrakul (Chiang Rai United), Peeradon Chamrasamee (Buriram United), Channarong Promsrikaew (Chonburi FC), Weerathep Pompan (Muangthong United), Ekanit Panya (Muang Thong United), Sanwat Dejmitr (Kedah Darul Aman).

Penyerang :

Teerasil Dangda (BG Pathum United), Adisak Kraisorn (Muangthong United), Poramat Artwilai (Muangthong United).

Komentar