Profil Tim Piala AFF 2022 : Filipina

AFF

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022 : Filipina

Filipina memanggil banyak pemain muda untuk berlaga pada ajang Piala AFF 2022. Beruntung, keputusan tersebut mendapat dukungan penuh dari federasi. Mereka mengincar Piala AFF edisi kali ini sebagai ajang pemain muda untuk mendapatkan pengalaman dan memperbanyak jam terbang. Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Palami kepada Manila Standard.

Kami selalu pergi ke turnamen atau kompetisi dengan target untuk menjadi juara. Tetapi pada saat yang sama, kami realistis. Kami juga ingin turnamen ini benar-benar untuk pemain muda mendapatkan pengalaman di kompetisi internasional” ujar Palami dikutip laman Manila Standard.

Dari 23 pemain yang dipanggil, Harry Nunez merupakan pemain termuda dengan usia 19 tahun. Pemain lain tidak kalah muda dengan rata-rata umur hanya mencapai 24,5 tahun. Tidak hanya pemain, Filipina juga dibesut oleh pelatih muda. Josep Ferre Ybarz yang masih berusia 39 tahun.

Cuco, panggilan akrab Josep Ferre Ybarz, dipilih karena ia memiliki banyak pengalaman meski berusia muda. Ia pernah menjabat sebagai pelatih akademi Barcelona. Ia juga pernah dipercaya melatih di liga Thailand & India. Keputusan ini tentu berisiko, sebab pelatih dan pemain muda akan membuat mereka kesulitan untuk menghadapi pertandingan yang mengedepankan kualitas mental.

Di sisi lain, Cuco memiliki keuntungan untuk lebih leluasa dalam memilih pemain dan taktik. Pada beberapa pertandingan terakhir, Fillipina bermain dengan formasi dasar 3-4-3. Skema tersebut bisa saja berubah menjadi 4-4-2

Skuad Fillipina

Kiper :

Kevin Ray Hansen (Kuala Lumpur City), Anthony Pinthus (United City), Julian Schwarzer (ADT/Azkals Development Team).

Bek :

Simen Alexander Lyngbø (United City), Paul Tabinas Jefferson Tabinas (Mito HollyHock), Amani Aguinaldo (Nakhon Ratchasima), Michael Menzi (Kaya–Iloilo), Christian Rontini (Penang FA).

Gelandang :

Kamil Jaser Amirul (ADT), Sandro Miguel Reyes Jesus Joaquin Melliza (Kaya–Iloilo), Arnel Amita (Kaya–Iloilo), Yrick Gallantes (ADT), Javier Augustine Gayoso (Kaya–Iloilo), Oliver Bias (Chiangmai United), Stephan Markus Schröck (ADT), Hikaru Minegishi (United City), Pocholo Bugas (United City), Harry Nuñez (ADT).

Penyerang :

Andres Rafael Aldeguer (ADT), Kenshiro Daniels (United City), Mark Hartmann (United City).

Komentar