Profil Tim Piala AFF 2022 : Kamboja

AFF

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022 : Kamboja

Kamboja hanya delapan kali lolos dari kualifikasi dan bertarung pada fase grup sejak Piala AFF pertama kali bergulir. Hal ini menunjukan bahwa Kamboja bukan salah satu tim yang memiliki rekor bagus di Piala AFF karena sempat absen dalam lima edisi. Tidak hanya itu, Kamboja selalu gagal di babak grup. Penyebab utamanya adalah kualitas individu pemain yang masih tertinggal dari tim lain.

Kendati demikian, Piala AFF edisi kali ini berpotensi menjadi panggung pertama Kamboja untuk memberi kejutan. Kali ini mereka memiliki pembeda yaitu dua pemain keturunan yang bermain di luar negeri. Mereka adalah Boris Kok yang membela Sarawak United yang bermain di Liga Super Malaysia dan Nick Taylor yang merumput di Major League Soccer Next Pro bersama Orlando City B.

Kamboja membawa banyak pemain muda bersama mereka. Usia rata-rata pemain yang dipanggil adalah 24,5 tahun. Hanya tiga pemain senior yang dipanggil, yakni Thierry Bin, Sos Souhana, dan Keo Sokpheng. Kebijakan tersebut diadopsi oleh pelatih Ryu Hirose dengan Keisuke Honda yang juga menjabat sebagai General Manager sejak Maret 2021.

Berdasarkan filosofi Ryu Hirose dan Keisuke Honda dari Jepang, Kamboja mungkin akan mengandalkan kekuatan fisik dan determinasi. Rencana ini selaras dengan gaya main para pemain muda yang secara natural lebih termotivasi dan bertekad kuat daripada pemain yang lebih tua.

Agar rencana tersebut berjalan efektif, Ryu kemungkinan akan menggunakan formasi dasar 3-4-3 dan menggunakan garis pertahanan yang tinggi. Ini akan berbahaya bagi calon lawan jika mereka bisa bergerak bersama. Dengan cara ini, sebagian besar kekurangan individu yang tersisa dapat ditutupi.

Skuad Kamboja

Kiper :

Keo Soksela (Visakha FC), Vireak Dara (Visakha FC), Hul Kimhuy (Boeung Ket).

Bek :

Choun Chanchav (PhnomPenh Crown), Seut Baraing (PhnomPenh Crown), Chheng Meng (Visakha FC), Tes Sambath (Visakha FC), Ouk Sovann (Visakha FC), Tang BunChhai (Boeung Ket), Souey Visal (Preah Khan Reach Svay Rieng), Sareth Krya (Preah Khan Reach Svay Rieng), Kok Boris (Sarawak United FC).

Gelandang :

Yeu Muslim (PhnomPenh Crown), Orn Chanpolin (PhnomPenh Crown), In Sodavid (Visakha FC), Thierry Chantha Bin (Visakha FC), Sos Suhana (Nagaworld).

Penyerang :

Lim Pisoth (PhnomPenh Crown), Keo Sokpheng (Visakha FC), Sa Ty (Visakha FC), Reung Bunheing (Visakha FC), Mat Noron (Boeung Ket), Seang Chanthea (Boeung Ket), Nick Taylor (Orlando City SC B).

Komentar