Profil Tim Piala AFF 2022 : Brunei Darussalam

AFF

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Piala AFF 2022 : Brunei Darussalam

Piala AFF 2022 terasa lebih spesial karena akan dimeriahkan oleh Brunei Darussalam yang absen sejak edisi pertama. Hadirnya tim berjuluk Tebuan tersebut menunjukan perubahan positif. Sebelumnya, mereka mengalami banyak masalah baik hal teknis maupun non teknis. Salah satu masalah terberat adalah hukuman FIFA pada tahun 2009 yang baru dicabut tahun 2011.

Brunei lolos setelah menang dari Timor Leste pada babak kualifikasi dengan agregat 6-3. Pada putaran pertama, Brunei mencatatkan kemenangan telak dengan skor 5-2. Hasil ini cukup membawa mereka ke babak fase grup meski pada putaran kedua kalah dari Timor Lester dengan skor tipis 1-0.

Keberhasilan Brunei menjadi langkah besar untuk keluar dari masa kelam dengan absen dari Piala AFF selama 26 tahun. Mereka telah berusaha dengan berbagai cara, salah satunya dengan mencari pelatih yang cocok. Total ada 26 pelatih dalam kurun waktu tersebut (1996-2022) yang yang telah mencoba menarik Brunei dari lubang keterpurukan. Hingga akhirnya, Mario Rivera, pelatih asal Spanyol berhasil menjawab rasa penasaran tersebut.

Mario Rivera membawa 23 pemain yang bermain di liga lokal. Sebagian besar (14 pemain) diisi oleh pemain dari klub asal Bandar Seri Begawan, Duli Pangiran Muda Mahkota FC. Keuntungan tim yang diisi oleh pemain lokal adalah komunikasi yang lebih lancar dan ikatan antar pemain yang telah terjalin lebih kuat. Kekuatan ini berpotensi menjadi pembeda dan kejutan bagi tim-tim lain di Grup A.

Jika meninjau dari segi taktikal, Rivera sering menggunakan formasi dasar 4-4-2 menggunakan dua sayap dan dua poros. Rivera mengandalkan penetrasi dari arah sayap untuk mengirimkan umpan silang baik ke tiang dekat maupun tiang jauh sebab dua penyerang akan mengisi dua pos tersebut. Taktik ini kemungkinan menjadi andalan mereka untuk dapat melangkah jauh di Piala AFF 2022.

Skuad Brunei Darussalam

Kiper : Haimie Abdullah Nyaring (DPMM FC), Ishyra Asmin Jabidi (MS ABDB), Jefri Syafiq Ishak (KB FC)

Bek : Fakharrazi Hassan (DPMM FC), Hanif Hamir (DPMM FC), Yura Indera Putera Yunos (DPMM FC), Khairil Shahme Suhaimi (Kasuka FC), Abdul Mu`iz Sisa (DPMM FC), Shafie Effendy (MS ABDB), Wafi Aminuddin (DPMM FC), Alinur Rashimy Jufri (Kasuka FC).

Gelandang :

Azwan Saleh (DPMM FC), Najib Tarif (DPMM FC), Azwan Ali Rahman (DPMM FC), Hendra Azam Idris (DPMM FC,) Nurikhwan Othman (DPMM FC), Hakeme Yazid Said (DPMM FC), Nazirrudin Ismail (MS PPDB), Haziq Kasyful Azim Hasimulabdillah (Kasuka FC).

Penyerang :

Adi Said (Kota Ranger), Abdul Azizi Ali Rahman (DPMM FC), Razimie Ramlli (DPMM FC), Hamizan Aziz Sulaiman (Indera SC).

Komentar