Profil Tim Nasional Inggris: Kesempatan Terakhir Southgate

Piala Dunia

by redaksi

Profil Tim Nasional Inggris: Kesempatan Terakhir Southgate

Inggris akan kembali mencoba peruntungannya untuk mengakhiri puasa titel juara selama 56 tahun di Qatar. Sebelumnya, Inggris merupakan semifinalis Piala Dunia 2018 dan finalis Piala Eropa 2020.

Dengan modal di dua turnamen besar terakhir, sah-sah saja skuad asuhan Gareth Southgate punya kepercayaan diri tinggi menjuarai Piala Dunia 2022. Apalagi, komposisi skuad yang dibawa ke Piala Dunia 2022 tidak jauh berbeda dengan di Piala Eropa 2020. Skuad Inggris Piala Dunia 2018 pun masih ada beberapa nama kunci, seperti Jordan Pickford, Harry Maguire, John Stones, Jordan Henderson, Raheem Sterling, hingga Harry Kane. Artinya, rata-rata pemain memiliki pengalaman menjalani turnamen besar dan punya kapasitas mental untuk melaju sejauh mungkin.

Hanya saja, tahun 2022 bukanlah tahun yang terlalu baik bagi The Three Lions secara performa, setidaknya di UEFA Nations League. Mereka gagal meraih kemenangan dalam enam pertandingan (tiga di antaranya berakhir dengan kekalahan) dan harus terdegradasi ke UEFA Nations League B.

Hal yang perlu diperhatikan kepada Inggris di arahan Southgate adalah formasi tiga bek. Dalam tiga kekalahan yang diderita Inggris di UEFA Nations League, semuanya memainkan tiga bek.Satu-satunya hasil positif saat menggunakan tiga bek adalah saat mengimbangi Jerman dengan skor 3-3.

Jika melihat pemain belakang yang dibawah oleh Southgate ke Qatar, kemungkinan besar Ia memang menyiapkan tim dalam dua formasi, yakni 3-4-2-1 dan 4-2-3-1. Sisi sayap akan menjadi area vital dalam mengembangkan permainan bagi Inggris. Seluruh bek sayap yang dibawa memiliki kemampuan overlap mumpuni: Kyle Walker, Kieran Trippier, Luke Shaw, dan Trent-Alexander Arnold.

Sementara para penyerang sayapnya memiliki kecepatan, seperti Sterling, Marcus Rashford, dan Bukayo Saka. Skuad Inggris kali ini memiliki peluang besar untuk melangkah jauh. Tetapi, semua kembali ke tangan Southgate sendiri dalam hal memilih pemain dan formasi. Jika gagal, bukan tidak mungkin ini akan menjadi turnamen terakhirnya sebagai pelatih Inggris.

Player to Watch: Jude Bellingham

Setelah menjadi pemain pelapis di Piala Eropa 2020, Bellingham bisa menunjukkan kualitas sesungguhnya di Piala Dunia 2022. Sepanjang musim ini, ia menjadi sosok tak tergantikan di lini tengah Borussia Dortmund dengan penampilan 15 di Bundesliga dan enam di Liga Champions.

Mantan pemain Birmingham City tersebut semakin matang dalam menguasai lini tengah. Ia mampu menjadi penyambung lini belakang dan depan yang baik, serta memiliki kemampuan untuk aktif terlibat dalam kreasi gol. Buktinya, sembilan gol dan tiga asis dibukukan di seluruh kompetisi bersama Dortmund musim ini.

Skuad Lengkap

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Newcatle United), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Kyle Walker, John Stones (Manchester City), Harry Maguire, Luke Shaw (Manchester United), Eric Dier (Tottenham Hotspur), Kieran Trippier (Newcastle United), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Conor Coady (Everton), Ben White (Arsenal)

Gelandang: Kalvin Philips, Phil Foden (Manchester City), Mason Mount, Conor Gallagher (Chelsea), James Maddison (Leicester City), Jordan Henderson (Liverpool), Declan Rice (West Ham United), Jude Bellingham (Borussia Dortmund)

Penyerang: Harry Kane (Tottenham Hotspur), Raheem Sterling (Chelsea), Jack Grealish (Manchester City), Marcus Rashford (Manchester United), Bukayo Saka (Arsenal), Callum Wilson (Newcastle United)

Potensi Sebelas Pertama: 4-2-3-1



Pratinjau

Tergabung di Grup B bersama Iran, Amerika Serikat, dan Wales, Inggris difavoritkan untuk keluar sebagai juara grup. Di atas kertas, satu-satunya yang berpotensi menjadi ganjalan memang hanya Amerika. Semua kembali lagi ke pilihan taktik dan formasi Southgate. Jika mampu beradaptasi sesuai lawan dan kebutuhan, maka The Three Lions bisa berharap minimal mencapai semifinal.

Komentar