Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 14

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 14

Banyak sekali potensi yang hadir dari para gelandang. Sayangnya, slot untuk gelandang hanya lima pemain dan pada gameweek ini kami akan hanya akan menggunakan empat pemain dari total slot tersebut. Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-14 akan ditutup pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 pukul 17.00 WIB.


Penjelasan lengkap mengenai gameweek ke-14 dapat ditonton di sini:

PEMAIN UNGGULAN GAMEWEEK 14

Kevin De Bruyne (MCI)

Kevin De Bruyne beberapa kali terpilih sebagai gelandang unggulan. Pekan lalu, kami lebih cenderung memilih Phil Foden karena torehan gol dan harga yang lebih murah. Pekan ini, kami kembali memilih De Bruyne karena peran sang pemain di Manchester City sangat vital. Sehingga kemungkinan ia menjadi “korban” Pep Roulette cukup rendah.

Hingga gameweek ke-13, Kevin De Bruyne merupakan gelandang dengan poin tertinggi (70 poin) dengan 4 kali mendapatkan bonus poin. Tidak hanya itu, ia merupakan gelandang yang paling sering menciptakan peluang (34 chances created) dan salah satu gelandang yang paling rajin melepaskan umpan silang (72 umpan). Dengan demikian, potensi utama KDB hadir dari potensi asis, tapi tidak menutup kemungkinan ia juga mencetak gol pekan ini.

Bruno Fernandes (MUN)

Tiga belas gameweek liga bergulir kami belum pernah merekomendasikan gelandang premium dari Manchester United yaitu Bruno Fernandes. Pemain asal portugal ini meredup sejak musim lalu dan berlanjut di pekan-pekan awal musim 2022/2023 sehingga ketertarikan para manajer kepada Bruno semakin menurun terlebih harganya yang cenderung mahal.

Tapi, performa Bruno dalam 4 pertandingan terakhir cukup mencuri perhatian. Ia sangat menonjol sebagai kreator dan menciptakan banyak peluang walau tidak semua berhasil terkonversi sebagai gol. Bruno tercatat sebagai gelandang paling kreatif dalam 4 pertandingan terakhir dengan torehan 18 peluang. Data ini diharapkan bisa menjadi dasar bagi para manajer agar berharap setidaknya ia mencetak asis.

Selain asis, Bruno berpotensi mendapat poin dari gol karena ia merupakan salah satu eksekutor tendangan bebas dan penalti.

Martin Odegaard (ARS)

Salah satu sebab Arsenal berhasil bertahan di puncak klasemen adalah kontribusi merata pada gelandang dan penyerang dalam hal produktivitas gol. Mereka tidak tergantung kepada salah satu atau dua pemain saja. Hal ini menjadi poin sangat positif bagi skuad muda Mikel Arteta. Tapi, di sisi lain cukup merepotkan para manajer FPL.

Pada awal liga, Gabriel Martinelli jadi salah satu gelandang paling diunggulkan bersama Rodrigo dari Leeds United. Tapi, produktivitas Martinelli perlahan turun dan Bukayo Saka dan Granit Xhaka lebih bersinar. Tapi, dua pekan terakhir baik Martinelli, Xhaka, dan Saka sinarnya mulai meredup.

Kali ini, kami melihat potensi baru datang dari Martin Odegaard. Dalam 4 pertandingan terakhir, kontribusi Odegaard lebih besar dibanding Martinelli, Saka, dan Xhaka. Ia berhasil menciptakan 5 umpan kunci atau key passes, 7 tembakan, dan 2 asis. Maka dari itu, kami tidak ragu mengusulkan Odegaard sebagai salah satu gelandang unggulan.

Miguel Almiron (NEW)

Dua gameweek sebelumnya, kami mengusulkan Miguel Almiron sebagai gelandang differensial atau spekulatif. Secara statistik, dalam 4 pertandingan terakhir ia menjadi gelandang yang paling rajin melepaskan tembakan (14 kali) dengan 4 tembakan mengarah ke gawang dan 3 diantaranya berbuah gol. Hal ini menunjukkan bahwa Almiron punya potensi tinggi dalam mencetak gol.


Selain potensi gol, Almiron sebenarnya berpotensi mencetak asis. Salah satu sebab paling penting adalah angka umpan ke dalam sepertiga akhir atau pass to final third. Ia mencatatkan 62 umpan ke dalam sepertiga akhir. Capaian ini merupakan salah satu capaian terbaik diantara gelandang lain.

Komentar